androidvodic.com

Pakar: Manfaatkan Peluang dan Inovasi di Ruang Digital - News

Hasiolan EP/News

News, JAKARTA -- Para pakar menyampaikan pentingnya agar masyarakat memanfaatkan peluang di ruang digital.

Selain itu, inovasi juga bisa menjasi kunci agar terus berkembang di dunia digital.

I Putu Sundika selaku Kepala Bidang Persandian Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali menghimbau sejalannya dengan manfaat yang diterima masyarakat pentingnya menerapkan keamanan digital menjadi hal utama yang perlu difokuskan dengan memahami rekam jejak digital.

Keamanan digital bagi anak, pengamanan perangkat, pengamanan identitas dan mewaspadai penipuan digital Semua lingkup tersebut perlu kita pahami bersama dan menjadi titik utama setiap individu.

"Kami dari DISKOMINFO Provinsi Bali memberikan tips dalam melindungan data pribadi yaitu sebagai berikut gunakan password kombinasi (symbol, angka, kapital, huruf kecil)," tuturnya saat Kegiatan Chip In Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Peluang dan Inovasi di Ruang Digital“, dikutip Selasa (5/9/2023).

Penting agar masyarakat memahami kebijakan serta syarat dan ketentuan aplikasi digital yang digunakan, hindari untuk melakukan pembagian data pribadi, dan selalu waspada dalam menggunakan jaringan umum (public free Wifi).

Disampaikan dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Panitia Penyelenggara Week Me Up! Musik Festival.

Sama halnya, ucap Sundika, dengan penipuan digital waspadai dan pastikan melakukan transaksi melalui platform digital yang sudah diawasi oleh team siber dan waspadai modus - modus panggilan nomor yang tidak dikenal.

"Mari pahami bersama tentang “Sharing Is Caring, Jangan Lupa Saring Dulu, Baru Di Sharing” hal ini upaya tetap menjaga ruang digital yang positif efektif dan produktif untuk sesama," lanjutnya.

Dikesempatan yang sama Ni Luh Putu Ary Pertami Djelantik selaku Founder & Creative Director of Niluh Djelantik mengatakan sebagai bangsa yang memiliki nilai budaya dan keindahan semesta yang agung terdapat peran penting yang harus dilakukan bersama dalam sisi nilai budaya digital yaitu dengan melakukan partisipasi, remediation dan bricolage dalam perkembangan teknologi.

"Hal-hal yang bermanfaat tentu semakin banyak didapatkan dan terus berinovasi seperti Instagram, tiktok, facebook, whatsapp, twitter, dan telegram untuk keperluan pembuatan konten promosi baik wisata, budaya maupun kuliner," tuturnya.

Seiring dengan hal tersebut nilai wawasan kebangsaan dan sopan santun di ruang digital dalam tranformasi digital adalah sebagai kunci utama untuk mencegah adanya pergesekan nilai seni dan budaya antar sesama.

"Mari kita tanamkan tentang “Growth Mindset” terhadap teknologi digital dan budaya digital dalam transformasi digital," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat