androidvodic.com

Cak Imin Batal Buka MTQ di Kalsel, PKB Sebut Ada Intimidasi - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin batal membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) di Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Selasa (5/9/2023) kemarin.

Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid menyebut batalnya Cak Imin membuka acara MTQ di Tanah Laut itu diduga lantaran adanya intimidasi dari Bupati Tanah Laut sebagai tuan rumah MTQ.

Menurut Jazilul, ada tekanan, ancaman, dan intimidasi dari pihak tertentu agar Cak Imin ditolak memberikan sambutan di acara tersebut.

"Salah besar, kalau ada yang bilang kepulangan Gus Imin ke Jakarta karena panggilan KPK, itu berita hoaks dan teror saja. Tidak jelas asal usulnya," kata pria yang akrab disapa Gus Jazil itu dalam keterangannya Rabu (6/9/2023).

Dijelaskan Gus Jazil, Cak Imin kembali sesuai dengan jadwal kepulangannya ke Jakarta pada Selasa (5/6/2023) sore, tapi batal membuka acara MTQ Internasional.

Batalnya pembukaan MTQ itu oleh Cak Imin, yang sebelumnya telah dijadwalkan, disebut lantaran adanya dugaan intimidasi kepada Bupati Tanah Laut.

Baca juga: Cak Imin Bongkar Obrolannya dengan Gus Dur, Beberkan BTS Isu Kudeta PKB yang Dilontarkan Yenny Wahid

"Informasi yang saya terima, Gus Imin kembali sesuai jadwal kepulangannya namun batal membuka MTQ Internasional tersebut, itu atas permintaan Bupati Tanah Laut yang mengaku mendapat tekanan, ancaman dan intimidasi dari pihak tertentu agar Gus Imin ditolak memberikan sambutan pada acara tersebut," ujarnya.

Menurut Jazilul, Cak Imin sudah sampai di lokasi acara, namun batal membuka acara itu.

Informasi tersebut, lanjut Jazilul, didapatkan dari protokol Gus Imin yang berada di lokasi.

Dia juga mengatakan bahwa info itu diketahui persis oleh Ketua JQH KH. Saifullah Ma'shum.

"Yang tahu persisnya ketua JQH KH Saifullah Ma'shum, tapi saya belum berhasil kontak," ucapnya.

Wakil Ketua MPR itu berharap agar dilakukan pengusutan siapa terduga dalang batalnya pembukaan MTQ oleh Cak Imin berikut motif di belakang penolakan tersebut.  

Baca juga: Cerita Versi Cak Imin soal Isu Kudeta Gus Dur dari PKB: Jangan Dibalik-balik, Saya yang Dikudeta

"PKB berharap peristiwa ini diusut siapa dalang dan apa motif mereka yang mengintimidasi Bupati tanah Laut untuk menolak kehadiran Gus Imin pada arena MTQ. Sungguh, Ini kejadian aneh," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat