androidvodic.com

Sekda Gita Ariadi akan Dilantik sebagai Pj Gubernur NTB 19 September 2023 - News

News, JAKARTA - Gita Ariadi akan dilantik sebagai Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) menggantikan Zulkieflimansyah pada 19 September 2023 mendatang.

Saat ini Gita Ariadi masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) NTB.

Gita Ariadi tak dilantik bersamaan dengan 9 Pj Gubernur lainnya pada Selasa (5/9/2023) kemarin lantaran masa jabatan Gubernur NTB definitif Zulkieflimansyah baru berakhir pada 19 September.

Sementara 9 Pj Gubernur lainnya telah dilantik kemarin karena ke 9 gubernur wilayah tersebut sudah berakhir masa jabatannya dalam waktu bersamaan pada 5 September 2023.

Baca juga: Baru Saja Selesai Menjabat Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo Bakal Berangkat Umroh Pekan Ini

Sebelumnya Gita Ariadi bersama dengan 9 Pj gubernur yang dilantik kemarin dinyatakan lolos sidang TPA.

"Satu lagi itu NTB tanggal 19 berakhir, masa dilantik hari ini. Itu namanya mengurangi hak dari pejabat yang lama yang berakhir tanggal 19, yang sekarang existing. Kita nanti mungkin tanggal 19 untuk NTB," kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian usai melantik 9 Pj Gubernur di Gedung Kemendagri, Selasa (5/9/2023).

Tito Karnavian menjelaskan pelantikan Pj Gubernur harus disesuaikan dengan masa jabatan Kepala Daerah definitif.

Sembilan Pj dilantik, karena kepala daerah di provinsi masing-masing habis masa jabatannya pada 5 September ini.

"Sembilan karena kalau kita mau melantik itu harus disesuaikan dengan masa jabatan. Sembilan Gubernur itu berakhirnya tanggal 5, artinya tadi malam lah 5 September, maka yang dilantik yang 5 September ada 9 orang," kata Tito.

Gita Orang yang Tepat

Sebelumnya, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengungkap alasan Presiden Joko Widodo memilih Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita Ariadi menjadi Penjabat Gubernur.

Menurut Bang Zul--sapaan akrabnya--penunjukan Sekda NTB sebagai Pj Gubernur NTB itu lantaran NTB sejak tahun 2021 selalu menjadi tuan rumah event internasional.

Baca juga: Profil dan Harta Kekayaan Ayodhia Kalake, Pj Gubernur NTT Pengganti Viktor Laiskodat

Pemimpin NTB harus orang yang paham akan hal tersebut.

"Pertimbangan pak presiden mungkin ini, banyak global event yang ada di kita. Misalnya bulan depan awal ada MotoGP, kalau orang yang betul betul baru itu harus belajar dulu," kata Bang Zul, Senin (4/9/2023) dikutip dari Tribun Lombok.

Apalagi dengan pengalamannya selama ini, kata Bang Zul, sosok Miq Gita--sapaan akrab Sekda NTB itu adalah orang yang tepat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat