androidvodic.com

Bawaslu Akan Jadikan Temuan Awal Bacapres-Bacawapres yang Sudah Umbar Visi Misi di Masa Sosialisasi - News

News, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan menjadikan temuan awal ihwal visi misi yang sudah digaungkan oleh tokoh yang digadang-gadang menjadi bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres).

Hal ini lantaran dalam tahapan pemilu, visi misi baru dapat disampaikan dalam masa kampanye mendatang. 

Saat ini tahapan pemilu masih dalam masa sosialisasi di mana peserta pemilu hanya boleh melakukan pertemuan terbatas dan pemasangan bendera partai politik di wilayah internal partai. 

"Itu kan ada informasi awal, nah kita kan juga baru tahu ini. Makanya informasi awal ini nanti kita kroscek ke jajaran kita Bawaslu di wilayah mana itu," kata Anggota Bawaslu RI Puadi saat ditemui di Kompleks Senayan, Selasa (12/9/2023). 

"Informasi itu datang dari mana yang pertama, lokusnya di mana, nanti kalau lokusnya di Jawa Barat ya maka dilakukan penelusuran di daerah Jabar. Kalau di DKI ya kita lakukan penelusuran di daerah DKI untuk memastikan apakah ada pelanggaran sosialisasi atau tidak," sambungnya. 

Lebih lanjut, Puadi menjelaskan ada dua pintu masuk penanganan pelanggan melalui Bawaslu, yakni melalui temuan dan laporan. 

"Temuan itu kan pengawasan aktif pengawas pemilu. Laporan ya masyarakat melaporkan dugaan pelanggaran. Intinya sekarang ini, parpol yang sudah ditetapkan sebagai peserta pemilu hanya boleh melakukan sosialisasi di internal parpol," tegasnya. 

Misalkan ada sosialisasi yang dimaknai sebagi aktivitas kampanye, Bawaslu akan melakukan pencegahan imbauan kepada peserta pemilu itu.

"Ketika KPU sebelumnya kan masih menggunakan PKPU 33/2018 pasal 25. Setelah sekarang ada PKPU 15/2023, maka dapat dikategorikan sebagai pelanggaran sosialisasi," jelas Puadi.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menjanjikan program makan siang bergizi dan susu gratis untuk anak sekolah.

Programnya itu ia sampaikan dalam pidato politik saat Konsolidasi Pemenangan Partai Bulan Bintang di Padang, Sumatera Barat.

Baca juga: Ajak Masyarakat Aktif Awasi Pelanggaran Pemilu, Bawaslu: Potret dan Laporkan

Seandainya dirinya terpilih menjadi Presiden RI, program pemberian makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah sudah dihitung dengan matang oleh tim pakar ekonominya.

Sementara itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar lewat Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda menyampaikan janji naiknya dana desa hingga Rp 5 miliar, BBM dan sekolah gratis, subsidi pupuk, sampai tunjangan ibu hamil jika ia menang Pilpres 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat