androidvodic.com

PERHUMAS Indicators: Inovasi Bermanfaat Bagi Customer Dorong Lompatan Kepercayaan dan Reputasi - News

News, Jakarta - Ketua Umum Organisasi Profesi Kehumasan Indonesia (PERHUMAS), Boy Kelana Soebroto, MCIPR, menegaskan perusahaan yang melakukan terobosan inovasi dan memberikan manfaat paling besar bagi customer dan masyarakat, akan mendorong lompatan peningkatan kepercayaan dan reputasi perusahaan atau lembaga, karena mampu mempertahankan relevansi produk dan jasa secara berkelanjutan.

Hal itu diungkapkan Boy Kelana saat acara sosialisasi peluncuran produk riset organisasi profesi kehumasan di Jakarta, Senin (18/9/2023).

Produk yang bernama PERHUMAS Indicators ini merupakan hasil kajian mengenai kepercayaan dan reputasi dari industri serta organisasi, yang menjadikan kebijakan komunikasi sebagai bagian dari top management dalam mendukung kesuksesan perusahaan atau institusi.

"Kajian PERHUMAS Indicators ini merupakan terobosan dari PERHUMAS untuk membuktikan profesi kehumasan mampu membantu secara signifikan manajemen puncak dalam proses pengambilan keputusan yang penting bagi kesuksesan perusahaan atau suatu lembaga," kata Boy Kelana yang juga Head of Corporate Communication Astra International.

Menurut Boy Kelana, sudah saatnya persepsi publik dan juga kalangan eksekutif mengenai humas perlu diubah.

Tidak lagi sebagai staff kehumasan, namun juga sudah menjadi bagian dari top management, yakni sebagai strategic thinker.

Dengan demikian, posisi kehumasan tidak lagi sebagai call center, tetapi sudah menjadi bagian dari operasional perusahaan untuk menghasilkan profit.

PERHUMAS Indicators, kata Boy, adalah bukti untuk menaikkan posisi tawar terhadap korporasi, lembaga, ataupun organisasi dalam hal kemampuan menghasilkan kebijakan komunikasi berbasis riset, terutama untuk mengukur tingkat kepercayaan dan reputasi.

Di mana inti dari seluruh aktivitas komunikasi dalam kegiatan bisnis dan juga birokrasi pemerintahan berujung pada tingkat kepercayaan yang kemudian menghasilkan reputasi.

Sebelumnya, pada Konvensi Humas Indonesia (KHI) yang berlangsung di Semarang pada 1-2 September lalu, PERHUMAS secara resmi meluncurkan produk kajian atau survey mengenai tingkat kepercayaan dan reputasi dalam aktivitas bisnis dan pemerintahan.

Produk riset tersebut bernama PERHUMAS Indicators yang mengukur dimensi kepercayaan dan reputasi kedalam delapan indikator utama dari dua dimensi tersebut.

Adapun delapan indikator kepercayaan dan reputasi itu mencakup:

(1) performance management quality (PMQ)

(2) Environment, Social, and Governance (ESG)

(3) Innovation

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat