androidvodic.com

KNPI Perlihatkan ke Ganjar Varietas Beras Ungu di Pameran Pangan Rakernas IV PDIP - News

News, JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) mendapatkan stand khusus di Pameran Pangan Plus 2023 pada acara Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Mereka menampilkan produk inovatif unggulan karya pemuda berupa beras ungu.

Dalam pameran pangan yang menunjukkan berbagai inovasi sektor pertanian dan peternakan ini, dimanfaatkan oleh KNPI untuk mempromosikan varietas beras ungu menjadi satu di antara komoditas pertanian andalan di masa depan. 

Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama menunjukkan karya inovasi anak bangsa tersebut kepada sejumlah elit politik, termasuk pada Bacapres PDIP Ganjar Pranowo yang mampir di stan KNPI.

"Ini karya anak bangsa. Harapannya pemerintah mendukung pengembangan beras ungu dengan diproduksi massal, sebab varietas ini selain kaya manfaat bagi kesehatan juga memiliki nilai jual tinggi,“ jelas Haris, di lokasi pameran, Jumat (29/9/2023).

Haris mengatakan penemu beras ungu merupakan fungsionaris DPP KNPI, Eko Mardiyono.

Baca juga: Hari Ini Harga Beras Masih Mengalami Kenaikan, Jenis Premium di Level Rp14.850 per Kg

Beras ungu adalah pemuliaan baru dari varietas padi lokal unggulan. Persilangan dari 3 jenis varietas padi lokal unggul yang memiliki usia tanam lama.

Kata dia, hasil laboratorium menunjukkan bahwa varietas beras ungu memiliki kandungan gizi tinggi dan glekemik yang rendah, selain itu hasil berasnya juga pulen.

"Beras ungu ini memiliki karakteristik pulen, kandungan nilai gizi yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Kami Pemuda Indonesia mendukung program 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dan 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'," tegas Haris.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat