androidvodic.com

Sidang Korupsi Proyek BTS Kominfo Ungkap Ada Grup WhatsApp 'Tim Pencari Rezeki' - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadilla

News, JAKARTA - Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pengadaan tower BTS 4G BAKTI Kominfo mengungkapkan adanya grup WhatsApp yang diberi nama Tim Pencari Rezeki.

Grup tersebut berisi akademisi pada lembaga Human Development Universitas Indonesia (HUDEV UI).

Termasuk di antaranya, sang ketua, Mohammad Amar Khoerul Umam dan terdakwa Yohan Suryanto.

"Saudara masih ingat bahwa saudara pernah membuat grup bersama Pak Yohan, nama grupnya adalah grup Tim Pencari Rezeki, ingat?" tanya penasihat hukum Yohan Suryanto, Benny Daga dalam persidangan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023).

"Ingat," jawab Amar.

Baca juga: Keberadaan Perantara Saweran Proyek BTS Kominfo ke Komisi I DPR dan BPK Misterius

Di dalam grup tersebut, ada percakapan mengenai pencatutan nama-nama tenaga ahli yang diduga digunakan dalam kajian proyek pengadaan tower BTS Kominfo.

Pencatutan itu dilakukan atas nama tenaga ahli yang sebelumnya telah terungkap dalam dakwaan, yakni: Kalamullah Ramli (Tenaga Ahli Telekomunikasi), Yohan Suryanto (Tenaga Ahli Jaringan), I Ketut Suyasa (Tenaga Ahli Elektrikal), I Nyoman Sujana (Tenaga Ahli Elektrikal), Ruki Harwahyu (Tenaga Ahli Transmisi), Muhammad Salman (Tanaga Ahli Transmisi), Oske Rudiyanto (Tenaga Ahli Tower), AA Kompiyang Karmana Putra (Tenaga Ahli RF Planning), I Made Sudrajat Jaya Diwangsam (Tenaga Ahli RF Planning), dan I Made Wardhani (Tenaga Ahli Ekonomi).

"Di tanggal 22 Juli itu tertulis Pak Amar PPST, Iya kita siasati dengan nama TA-nya saja, Pak Yohan. Paling kita gunakan nama-nama kawan kita, Pak Yohan: Pak Made, Pak Ketut, Pak Kompiyang dan kawan kawan," kata Benny Daga membacakan isi pesan Amar di grup Tim Pencari Rezeki.

Baca juga: Dapat Ancaman dan Teror, Terdakwa Kasus Korupsi BTS Kominfo Diminta Lapor ke Kejaksaan

Namun Amar sebagai Kepala HUDEV UI membantah dirinya mengusulkan tenaga ahli untuk namanya dicatut dalam kajian proyek tower BTS 4G BAKTI Kominfo. Sebab, dirinya tidak merasa mengenal para tenaga ahli tersebut.

"Logikanya begini pak, bagiaman saya mengusulkan nama-nama itu sedangkan mereka saja tidak mengenal saya. Kalaupun saya menyebutkan nama mereka, maka yang pertama kali menyampaikan nama-nama itu adalah orang-orang yang mengenalnya, Pak Yohan," kata Amar.

Pernyataan Amar ini disampaikan dalam persidangan lanjutan atas terdakwa Johnny G Plate, Anang Achmad Latif, dan Yohan Suryanto.

Dalam kasus BTS ini sendiri sudah ada enam orang yang duduk di kursi pesakitan: eks Menkominfo, Johnny G Plate; eks Dirut BAKTI Kominfo, Anang Achmad Latif; Tenaga Ahli HUDEV UI, Yohan Suryanto; Komisaris PT Solitech Media Sinergy, Irwan Hermawan; Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, Galumbang Menak Simanjuntak; dan Account Director of Integrated Account Departement PT Huawei Tech Investment, Mukti Ali.

Tiga di antaranya, yakni Anang Latif, Galumbang Menak, dan Irwan Hermawan tak hanya dijerat korupsi, tapi juga tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat