androidvodic.com

Literasi Keuangan Syariah Diharapkan Semakin Berkembang di Era Digitalisasi - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan program bertajuk 'Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah' sebagai upaya peningkatan literasi keuangan syariah kepada para ibu di era perkembangan digitalisasi.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi menjelaskan program ini diharapkan bisa meningkatkan literasi mencakup pengetahuan produk keuangan syariah dan perencanaan serta manajemen keuangan keluarga.

"Diharapkan dapat meningkatkan literasi mencakup pengetahuan terkait produk keuangan syariah serta perencanaan dan manajemen keuangan keluarga, memberdayakan ibu-ibu sebagai agen edukasi yang dapat berbagi pengetahuan kepada masyarakat yang lebih luas," kata Friderica, Senin (16/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut, BUMD milik Pemprov DKI Jakarta, Bank DKI lewat Unit Usaha Syariah ikut memberi edukasi literasi keuangan syariah.

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono berharap pihaknya bisa berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terkait keuangan yang sesuai prinsip syariah.

"Bank DKI Syariah berharap dapat berkontribusi signifikan dalam peningkatan literasi keuangan syariah dan pemahaman masyarakat tentang keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah," kata Amirul.

Baca juga: OJK: Aset Keuangan Syariah Nasional Mencapai Rp 2.450 Triliun Per Juni 2023

Sebagai informasi, Bank DKI telah mengimplementasikan Dual Banking Leverage Model (DBLM) sebagai solusi layanan perbankan kepada nasabah yang menghendaki pilihan produk dan layanan syariah.

Di antaranya pembukaan rekening tabungan, giro, deposito, bahkan pembiayaan skema syariah seperti KUR, pembiayaan investasi, modal kerja, ritel dan mikro, serta Konsumer iB.

Selain itu Bank DKI juga memiliki berbagai layanan perbankan melalui aplikasi JakOne Mobile, salah satunya pembayaran zakat dan donasi.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menerangkan pihaknya mendukung upaya OJK untuk peningkatan literasi keuangan syariah di Indonesia. Apalagi saat ini akses masyarakat ke perbankan juga dimudahkan lewat adanya digitalisasi.

"Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah berkomitmen untuk terus mendukung upaya OJK dalam meningkatkan literasi keuangan syariah di Indonesia, terlebih saat ini akses layanan perbankan khususnya berbasis syariah yang semakin mudah melalui pendekatan digitalisasi," tandas Arie.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat