androidvodic.com

Tiara dan Keluarga Bersyukur Aplikasi Mobile JKN Permudah Akses Layanan Kesehatan - News

News - Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah banyak memberikan kemudahan pelayanan publik bagi masyarakat. Melalui berbagai aplikasi yang dapat diakses melalui handphone, masyarakat dengan mudah mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan hanya dengan satu genggaman saja. Salah satunya adalah pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Aplikasi Mobile JKN.

Hal ini dirasakan oleh Tiara Prameswari Suteja (22), salah satu mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Bandung yang berdomisili di Kecamatan Bojong Genteng, Kabupaten Sukabumi. Tiara pertama mengetahui tentang Aplikasi Mobile JKN saat membutuhkan informasi terkait pelayanan di fasilitas kesehatan.

“Sudah banyak informasi terkait Aplikasi Mobile JKN yang pernah saya lihat dan baca, salah satunya dari media sosial. Saya coba unduh, daftar, dan mencoba fitur yang ada. Memang di dalamnya terdapat fitur atau menu yang membantu peserta JKN, seperti saya untuk mendapatkan pelayanan dan informasi seputar Program JKN,” kata Tiara.

Baca juga: Berkat Program JKN, Asia Jalani Pengobatan Penyakit Tiroid Tanpa Khawatir Biaya

Saat ditemui oleh Tim Jamkesnews Kamis (31/08), Tiara mengatakan aplikasi Mobile JKN ini hadir untuk kemudahan pelayanan tidak hanya untuk peserta JKN tetapi juga untuk masyarakat luas. Karena salah satu manfaat dari aplikasi Mobile JKN untuk masyarakat adalah tersedianya pendaftaran menjadi peserta baru dalam Aplikasi Mobile JKN.

“Tidak usah mendatangi kantor cabang ternyata sekarang pendaftaran pun dapat dilakukan secara online, sangat praktis dan mudah,” tambahnya.

Tiara memaklumi manfaat pelayanan secara online ini karena dengan melihat perkembangan zaman saat ini terutama dalam hal pelayanan publik, masyarakat semakin mencari pelayanan yang cepat dan mudah, seiring dengan kesibukan mereka sehari–hari. Apalagi saat ini anak muda memang tidak lepas dari penggunaan gawai yang dimilikinya.

“Aplikasi Mobile JKN adalah salah satu inovasi terbaik yang dibuat oleh BPJS Kesehatan, karena dapat memberikan kemudahan pelayanan yang lebih cepat,” ucap Tiara.

Baca juga: Cara dan Syarat Daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Peserta Bukan Penerima Upah

Adapun fitur–fitur yang pernah dirasakan oleh Tiara salah satunya adalah informasi lokasi fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Ia mengatakan fitur tersebut berguna saat dirinya membutuhkan pelayanan kesehatan, baik itu saat dekat dengan kampus atau tempat kostnya.

Tiara juga mengatakan bahwa manfaat dari Aplikasi Mobile JKN ini juga ia teruskan kepada keluarga serta teman-temannya karena memang harus diteruskan informasinya, supaya yang belum mengetahuinya dapat merasakan manfaatnya juga.

Selain itu, Tiara juga mengapresiasi hadirnya Program JKN yang telah berlangsung sejak tahun 2014 lalu. Menurutnya, Program JKN ini sudah sangat membantu masyarakat Indonesia dengan menghadirkan pelayanan kesehatan yang semakin baik.

Baca juga: Fitur Antrean Online di Aplikasi Mobile JKN Berikan Kemudahan Akses Pelayanan Bagi Novri

“Manfaat menjadi peserta JKN telah saya dan keluarga saya rasakan, untuk berobat sekarang mudah karena sudah banyak fasilitas kesehatan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Kalaupun ada ketentuan-ketentuan yang harus diikuti itu sangat wajar karena memang program ini adalah program pemerintah yang hadir untuk warga negaranya, yang sesuai dengan regulasi yang berlaku,” jelas Tiara.

Tiara berharap program JKN ini akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para peserta, juga masyarakat. Selain itu inovasi-inovasi pelayanan yang telah ada diharapkan akan terus bertambah dan berkembang untuk mendukung pelayanan yang lebih cepat dan mudah. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat