androidvodic.com

Rieke: Perjuangan Rakyat Palestina untuk Wujudkan Kemerdekaan - News

News, JAKARTA - Politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka menegaskan, perjuangan kemerdekaan Palestina bukan bertujuan untuk membangunkan sel teroris di dunia.

Ditegaskannya, perjuangan kemerdekaan Palestina hanya untuk memerdekakan negara tersebut dari penjajahan Israel.

"Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan," kata Rieke mengutip Pembukaan UUD 1945, Rabu (1/11/2203).

Untuk itu, Rieke menekankan, menjadi bagian perjuangan kemerdekaan bagi rakyat dan bangsa Palestina adalah bagian dari amanat konstitusi. Hal tersebut juga merupakan amanat para pendiri bangsa Indonesia.

Rieke pun meminta semua pihak berhenti membuat pernyataan yang justru malah membangunkan sel terorisme.

"Mohon dengan segala kerendahan hati pada siapa pun jangan menggunakan tragedi kemanusiaan di Gaza sebagai pengalihan isu adanya indikasi tragedi konstitusi di Mahkamah Konstitusi," ujar Rieke.

Rieke mengatakan itu menanggapi pernyataan Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengingatkan, perang Israel dan Hamas dapat membangkitkan sel-sel terafiliasi dengan teroris di Indonesia.

Sigit telah menginstruksikan jajarannya mewaspadai dampak eskalasi di tingkat global terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat di dalam negeri.

"Beberapa waktu yang lalu dampak dari perang Israel-Palestina tentunya juga membangkitkan sel-sel yang terafiliasi dengan teroris dan mau tidak mau kita juga tentunya harus waspada," kata Sigit.

Sigit menjelaskan, sejauh ini Polri telah menangkap 59 orang terduga teroris dan akan terus mengambil langkah-langkah demi mencegah terjadinya aksi terorisme.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat