androidvodic.com

Gus Mus Pesan para Tokoh Bangsa Nasihati Elite dan Rakyat soal Nilai-nilai Demokrasi  - News

News, JAKARTA - Sejumlah tokoh nasional bersilaturahmi ke kediaman KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus di Pondok Pesantren Raudlatul Thalibin di Rembang, Jawa Tengah, Minggu (12/11/2023).

Mantan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin juga hadir dalam silaturahmi tersebut.

Lukman mengatakan dalam silahturahmi itu, Gus Mus berpesan agar forum-forum kebangsaan lebih diperluas dan tidak hanya dari latar belakang tertentu saja.

“Beliau (Gus Mus) mengusulkan menyarankan agar forum-forum seperti ini diperluas dengan melibatkan lebih banyak kalangan,” kata Lukman dalam keterangannya dikutip, Senin (13/11/2023).

Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berbicara saat konferensi pers di kediaman Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus di Rembang, Jawa Tengah, Minggu, (12/11/2023).
Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berbicara saat konferensi pers di kediaman Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus di Rembang, Jawa Tengah, Minggu, (12/11/2023). (Tangkapan layar YouTube Majelis Permusyawaratan Rembang)

Menurutnya, dalam forum tersebut Gus Mus memberikan nasihat tentang pentingnya demokrasi.

Gus Mus, kata dia, meminta para tokoh bangsa bisa bergotong-royong untuk bisa menasihati elite dan rakyat mengenai arti demokrasi yang hakiki.

“Bahasa beliau adalah menasihati, jadi tidak hanya elit yang dinasihati tapi juga rakyat secara keseluruhan untuk kembali kepada nilai-nilai luhurnya itu,” ujar Lukman.

Adapun mereka yang bersilahturahmi ke kediaman Gus Mus, yakni Goenawan Mohamad, Lukman Hakim Saifuddin, Erry Riyana Hardjapamekas, Sulistyowati Irianto, Omi Komaria Madjid, Romo Antonius Benny Susetyo, Nong Mahmada, dan Alif Iman Nurlambang.

Mereka mengatasnamakan diri sebagai Majelis Permusyawaratan Rembang.

Mereka datang ke kediaman Gus Mus untuk berdiskusi mengenai demokrasi di Indonesia saat ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat