androidvodic.com

3 Jenazah Awak Super Tucano akan Dimakamkan di TMP Malang, Jenazah Yuda A Seta Dimakamkan di Madiun - News

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

News, MALANG - Empat jenazah awak pesawat EMB-314 Super Tucano TNI AU, korban pesawat jatuh di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (17/11/2023) pagi ini akan dimakamkan.

Pemakaman 4 jenazah tersebut dilakukan di dua lokasi berbeda.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI R Agung Sasongkojati, tiga jenazah, yaitu almarhum Kolonel Adm Widiono Hadiwijaya, Kolonel Pnb Subhan, dan Letkol Pnb Sandhra Gunawan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Kota Malang.

"Sedangkan satu jenazah, atas nama almarhum Mayor Pnb Yuda A Seta dimakamkan di Madiun," ujar Agung Sasongkojati kepada TribunJatim.com, Jumat (17/11/2023).

Baca juga: Saksi Mata Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan: Saya Lari Selamatkan Diri Sambil Nangis

Pantauan TribunJatim.com pukul 07.51 WIB, terlihat 4 peti jenazah berselimutkan bendera merah putih telah berada di hanggar Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Dari informasi yang didapat, jenazah Mayor Pnb Yuda A Seta dibawa ke Madiun dengan diterbangkan menggunakan pesawat Hercules.

Sebagai informasi, keempat awak pesawat Super Tucano yang jatuh tersebut, menduduki jabatan penting di Lanud Abdulrachman Saleh.

Kolonel Adm Widiono Hadiwijaya merupakan Kadispers Lanud Abdulrachman Saleh, lalu Letkol Pnb Sandhra Gunawan merupakan Komandan Skadron Udara 21.

Kemudian, Kolonel Pnb Subhan merupakan Danwing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, dan Mayor Pnb Yuda A Seta merupakan Karuops Lanud Abdulrachman Saleh.

Untuk pelaksanaan salat jenazah telah dilakukan secara bersama-sama. Dan selanjutnya, akan digelar upacara pelepasan jenazah.

Diberitakan sebelumnya, dua pesawat milik TNI AU, yaitu EMB-314 Super Tucano dengan nomor ekor TT-3111 dan TT-3103 jatuh di area Watu Gede Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan, Kamis (16/11/2023) siang.

Empat jenazah awak pesawat Super Tucano TNI AU berada di hanggar Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jumat (17/11/2023). Selanjutnya, jenazah akan dilakukan pelepasan secara militer.
Empat jenazah awak pesawat Super Tucano TNI AU berada di hanggar Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jumat (17/11/2023). Selanjutnya, jenazah akan dilakukan pelepasan secara militer. (TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan)

Dari informasi yang didapat TribunJatim.com, dua pesawat itu berasal dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Awalnya ada sebanyak 4 pesawat Super Tucano take off dari Lanud Abdulrachman Saleh pada pukul 10.50 WIB.

Lalu pada pukul 11.18 WIB, kedua Super Tucano dengan nomor ekor TT-3111 dan TT-3103 hilang kontak.

Sedangkan dua Super Tucano lainnya, kembali mendarat di Lanud Abdulrachman Saleh sekitar pukul 11.31 WIB.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul 4 Jenazah Awak Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan Akan Dimakamkan di Malang dan Madiun

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat