androidvodic.com

Pagi ini Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Ketua KPK Sementara Nawawi dan Lantik Gubernur Riau - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Nawawi Pamolango sebagai Ketua KPK Sementara.

Jokowi akan mendengarkan sumpah jabatan Nawawi sebagai Ketua KPK Sementara pada Senin (27/11/2023) pagi ini di Istana Kepresidenan, Jakarta, 

"Besok pagi, direncanakan ada agenda Pengucapan Sumpah/ Janji Bapak Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK dihadapan Presiden," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Minggu, (26/11/2023).

Selain pengucapan sumpah Nawawi sebagai Ketua KPK Sementara, Jokowi juga akan lantik Plt. Gubernur Riau, Edy Natar Nasution sebagai gubernur Riau definitif.

"Pelantikan Gubernur Provinsi Riau di Istana Negara," katanya.

Untuk diketahui Nawawi ditunjuk sebagai Ketua KPK Sementara untuk menggantikan Firli Bahuri yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian dalam kasus dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Jokowi telah menandatangani Keppres pemberhentian Firli dan pengangkatan Nawawi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma usai kunjungan kerja dari Kalimantan Barat, Jumat malam (24/11/2023).

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menunjukkan tersangka beserta barang bukti saat konferensi pers terkait OTT Kutai Timur di gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). KPK resmi menahan Bupati Kutai Timur Ismunandar, Ketua DPRD Kutai Timur yang juga Istri Bupati Encek Unguria, Kadis PU Kutai Timur Aswandini, Kepala Bapenda Kutai Timur Musyaffa, Kepala BPKAD Kutai Timur Suriansyah, Kontraktor Aditya Maharani, dan Decky Aryanto terkait dugaan kasus korupsi dalam bentuk penerimaan hadiah atau janji terkait pekerjaan infrastruktur di lingkungan Kabupaten Kutai Timur tahun 2019-2020. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menunjukkan tersangka beserta barang bukti saat konferensi pers terkait OTT Kutai Timur di gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). KPK resmi menahan Bupati Kutai Timur Ismunandar, Ketua DPRD Kutai Timur yang juga Istri Bupati Encek Unguria, Kadis PU Kutai Timur Aswandini, Kepala Bapenda Kutai Timur Musyaffa, Kepala BPKAD Kutai Timur Suriansyah, Kontraktor Aditya Maharani, dan Decky Aryanto terkait dugaan kasus korupsi dalam bentuk penerimaan hadiah atau janji terkait pekerjaan infrastruktur di lingkungan Kabupaten Kutai Timur tahun 2019-2020. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Selain itu Jokowi juga juga telah meneken Keppres penetapan Brigjen TNI Edy Natar Nasution sebagai Gubernur Riau.

Edy akan menjabat Gubernur Riau untuk sisa masa jabatan gubernur yang berlaku yakni 2024.

Edy yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Riau diangkat menjadi Plt karena Gubernur Riau definitif yakni Syamsuar mundur untuk ikut dalam Pemilihan Legislatif 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat