androidvodic.com

Menhan Prabowo Serahkan 8 Unit Helikopter Angkut Berat H225M ke TNI AU - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto secara resmi menyerahkan 8 unit helikopter angkut berat H225M ke TNI Angkatan Udara (AU).

Penyerahan itu dilakukan secara langsung kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/12/2023).

Dalam amanatnya, Prabowo menyatakan dengan diserahkannya 8 unit helikopter angkut berat H225M ini  maka diharapkan bisa menambah penguatan TNI AU.

"Ini merupakan suatu bagian dari upaya kita membangun kekuatan pertahanan kita," kata Prabowo.

Baca juga: Menhan Prabowo dan Anwar Ibrahim Bahas Isu Pertahanan dan Peningkatan Hubungan Bilateral

Lebih lanjut, kata Prabowo, kuatnya pertahanan suatu bangsa dari segala aspek dan kesatuan maka tujuan nasional sudah dapat tercapai.

Sebab dengan adanya ketahanan yang baik maka seluruh tumpah darah dan persatuan bisa dilindungi dengan aman.

"Pertahanan negara adalah sesuatu tujuan nasional bangsa kita dan hampir semua bangsa di dunia," kata dia.

"Bahwa tujuan negara dan tujuan republik adalah melindungi segenap tumpah darah, itu adalah tujuan nasional yang pertama disebut dalam pembukaan undang-undang dasar negara kita, dan ini mungkin yang banyak orang kurang memperhatikan," sambung Prabowo.

Terlebih kata dia, kondisi atau letak geografis bangsa Indonesia yang luas juga memerlukan sistem pertahanan yang baik yakni dengan lengkapnya alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Oleh karenanya dinilai penting pemberian 8 unit helikopter angkut berat ini untuk menambah penguatan TNi AU dalam menjalankan tugasnya.

"Kita harus punya kekuatan udara yang handal, yang unggul, itu harus menjadi tekad kita bersama, bukan, bukan kita mau gagah-gagahan, bukan kita mau mengancam siapapun. Kita ingin damai, kita ingin damai, tapi kita ingin tetap merdeka kita ingin damai tapi kita ingin tetap berdaulat," tukas dia.

Dalam upacara penyerahan 8 helikopter angkut berat H225M tersebut, hadir Menhan Prabowo Subianto, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Umum TNI Letjend Bambang Ismawan dan sederet jajaran petinggi Kemenhan.

Sekilas tentang Helikopter Angkut Berat H225M

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat