androidvodic.com

Prangko Seri 4 Pahlawan Nasional TNI Angkatan Udara Resmi Diluncurkan - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Seri Prangko Pahlawan Nasional Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) resmi diluncurkan di Markas Besar TNI AU pada Senin (4/12/2023) hari ini.

Peluncuran seri prangko tersebut hasil kerja sama antara TNI AU, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan PT Pos Indonesia.

Seri prangko tersebut terdiri dari gambar wajah dari empat Pahlawan Nasional TNI AU yakni Marsekal Muda Anumerta Agustinus Adisutjipto, Marsekal Muda  Anumerta Abdulrahman Saleh, Marsekal Muda Anumerta Halim Perdanakusuma, dan Marsekal  Pertama Anumerta Iswahyudi.

Baca juga: Menhan Prabowo Serahkan 8 Unit Helikopter Angkut Berat H225M ke TNI AU

Dalam acara tersebut, hadir pula sejumlah perwakilan keluarga dari para pahlawan nasional tersebut.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan para Pahlawan Nasional memiliki peran yang sangat penting dalam menorehkan sejarah emas dan identitas jati diri bangsa. 

Perjuangan para pahlawan, kata dia, memberikan inspirasi bagi semangat persatuan dan perjuangan generasi penerus dalam mengisi kemerdekaan bangsa dan fondasi untuk membangun negara.

Baca juga: TNI AU Siagakan Pesawat Angkut hingga Helikopter untuk Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Tidak kecuali bagi TNI AU, lanjut dia, para Pahlawan juga telah memberikan kontribusi luar biasa dalam menjaga kedaulatan negara, melindungi wilayah udara, serta mempertahankan keamanan dan keutuhan Bangsa Indonesia.

Kehadiran mereka, kata dia, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah semangat dan perjuangan TNI AU dala menjaga kedaulatan dan keamanan negara. 

"Untuk itu, momentum launching prangko pada hari ini kiranya dapat menjadi refleksi terhadap perjuangan dan keteladanan para pahlawan TNI AU serta menjadi tolak ukur perjuangan dala mengisi kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Fajdar.

"Lebih dari itu, sejarah pengabdian para pahlawan nasional TNI AU juga patut menjadi role model bagi generasi muda TNI AU untuk senantiasa bekerja tanpa pamrih dalam setiap pengabdian dan pelaksanaan tugas," sambung dia.

Launching prangko pahlawan nasional dari TNI AU, kata dia adalah salah satu bukti konkret penghargaan kepada para pendahulu Angkatan Udara. 

Kegiatan tersebut, kata dia, seyogyanya dilaksanakan bertepatan pada peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2023 lalu. 

Baca juga: TNI AU: FDR Pesawat Super Tucano yang Kecelakaan di Pasuruan Harus Dibaca di Luar Negeri

Namun karena berbagai hal, kata dia, sehingga baru dapat terlaksana pada hari ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat