androidvodic.com

UNESCO Tetapkan Jamu Warisan Budaya Tak Benda Dunia, Pedagang Jamu Gendong Ikut Berperan - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Unesco telah menetapkan jamu sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia, Rabu (6/12/2023) lalu.

Penetapan jamu sebagai warisan budaya melalui perjalanan yang cukup panjang.

Ketua Tim Riset GP Jamu, Jony Yuwono menceritakan bagaimana perjuangan untuk mendapatkan jamu sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia ini.

"Penominasian jamu sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia diawali saat Ketua Umum GP Jamu, Ibu Dwi Ranny Pertiwi Zarman mengarahkan pembentukan tim riset khusus untuk mengikuti alur dan seleksi penominasian dari UNESCO," kata Jony Yuwono saat konferensi pers yang digelar di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Berdasarkan pengumuman Direktur Perlindungan Kebudayaan Tentang Hasil Seleksi Usulan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke UNESCO pada tanggal 18 Februari 2022, Budaya Sehat Jamu menjadi nominasi Warisan Budaya Tak Benda yang diajukan oleh Indonesia ke UNESCO.

"Pada tanggal 14 Maret 2022 tim nominasi telah mengirimkan berkas dokumen seperti yang disyaratkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," katanya.

Lalu, Budaya Sehat Jamu telah melalui evaluasi dan pengkajian oleh UNESCO dan layak ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia atau UNESCO Intangible Cultural Heritage.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam sidang komite ke-18 yang diselenggarakan pada tanggal 4-9 Desember 2023 di Kasane, Botswana.

"Tim Nominasi Budaya Sehat Jamu yang diwakili oleh Erwin Skripsiadi dari Jamupedia dan Gaura Mancacaritadipura menghadiri sidang tersebut bersama perwakilan dari Duta Besar dan Perwakilan Tetap Indonesia di UNESCO serta perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," katanya.

Penetapan Budaya Sehat Jamu dilakukan pada hari ke-3 sidang, tanggal 6 Desember 2023.

Tidak hanya menetapkan, UNESCO juga memuji dokumen nominasi Budaya Sehat Jamu karena dinilai melibatkan partisipasi aktif komunitas.

Baca juga: Sejarah Kapal Pinisi, Warisan Budaya Tak Benda UNESCO yang Jadi Tampilan Google Doodle

Ditambahkannya, penetapan Budaya Sehat Jamu menjadi Warisan Budaya Tak Benda Dunia oleh UNESCO adalah kerja keras dari berbagai pihak.

Penyusunan dokumen nominasi form ICH 02 mulai dilakukan oleh tim kerja nominasi Budaya Sehat Jamu sejak bulan Juni 2019 dan tim riset yang dipimpin Jony Yuwono, melibatkan komunitas jamu secara aktif di 4 Provinsi: Jateng, DIY, Jatim, dan DKI Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat