androidvodic.com

KSAL Laksamana Muhammad Ali Terima Gelar Kehormatan dari Kesultanan Ternate dan Tidore - News

News, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr Muhammad Ali menerima dua gelar kehormatan sekaligus dari Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore di Kepulauan Maluku Utara.

Gelar kehormatan pertama yakni Kapita Ori Ma Ahi Malamo atau Penguasa Laut Terbesar yang diberikan langsung oleh Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah M Sjah.

Pemberian gelar tersebut disaksikan oleh perangkat adat Kesultanan Ternate di dalam Kedaton Ternate, pada Selasa (12/12/2023).

Baca juga: KSAL hingga Kapolda Maluku Utara Hadiri Acara Puncak Hari Nusantara 2023, Berikut Daftarnya

"Dengan pemberian gelar dari Kesultanan Ternate kepada pemangku-pemangku penyelenggara Negara, baik TNI-Polri maupun sipil, dapat menambah semangat untuk tetap menjaga adat istiadat di daerah," kata Hidayatullah dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Kamis (14/12/2023).

"Semoga dengan penganugerahan ini, apa yang menjadi cita-cita kita dapat tercapai, dan kami dari Kesultanan Ternate senantiasa mendoakan agar karirnya ditinggikan oleh Allah SWT selepas dari Kedatong Ternate," sambung dia.

Selanjutnya, Ali menerima gelar kehormatan dari Kesultanan Tidore yakni Kapita Ngolo Macahaya Nyili Gulu Gulu yang berarti Panglima Cahaya Laut Wilayah Jauh Kesultanan Tidore. 

Gelar tersebut dianugerahkan oleh Sultan Tidore Husain Sjah di Kedaton Kesultanan Tidore pada Rabu (13/12/2023).

Baca juga: Pengamanan Pemilu 2024, KSAL: Kita Siap Berapapun Personel Perbantuan yang Diminta Polri

Dalam kesempatan tersebut, Ali menyampaikan rasa terima kasihnya atas penganugerahan gelar adat yang diberikan. 

Menurutnya, hal tersebut merupakan suatu kehormatan sekaligus sebuah kebanggaan. 

"Ini merupakan satu amanah sekaligus tanggung jawab yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Kedepan TNI AL akan semakin mempererat hubungan dan sinergitas dengan wilayah Maluku Utara, khususnya pada aspek keamanan laut. Selain itu TNI AL juga akan terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di wilayah tersebut," kata Ali. 

Ali juga mengajak pada putra dan putri terbaik di Maluku Utara untuk bergabung menjadi prajurit Jalasena TNI AL. 

"Satuan Pendidikan (Satdik) 4 Kodiklatal TNI AL saat ini telah resmi dibuka, tentunya hal tersebut membuka kesempatan bagi putra dan putri daerah di Maluku Utara untuk bisa mengikuti pendidikan bergabung bersama TNI AL," kata dia.

Kedatangan Ali di provinsi tersebut, dalam rangka menghadiri puncak acara Hari Nusantara (Harnus) 2023 yang berlangsung di lokasi Wisata Pantai Tugulufa Tidore. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat