androidvodic.com

Kaleidoskop 2023: Sayembara hingga Firli Bahuri Lengser, Harun Masiku Masih Belum Tersentuh KPK - News

News, JAKARTA - Buron sejak 2020 silam hingga penghujung 2023, buronan KPK Harun Masiku masih tak diketahui rimbanya.

Sudah lebih dari 1.300 hari, tersangka pemberi suap dalam perkara pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024 itu belum juga ketemu.

Terkini usai lengsernya Firli Bahuri dari kursi Ketua KPK, KPK dibawah Ketua sementra Nawawi Pololango memulai babak baru pencarian Harun Masiku.

KPK pun memeriksa Wahyu Setiawan, anggota KPU periode 2017-2022 sebagai saksi untuk tersangka Harun Masiku.

Wahyu Setiawan juga mantan terpidana dalam perkara itu. Dia sudah menjalani masa hukuman dan mendapat pembebasan bersyarat pada 6 Oktober 2023.

Tim penyidik KPK memeriksa Wahyu Setiawan pada Kamis, 28 Desember 2023.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait pendalaman informasi keberadaan tersangka HM (Harun Masiku)," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (29/12/2023).

Tak hanya mencari tahu keberadaan Harun Masiku, lewat Wahyu Setiawan, tim penyidik KPK berusaha mendalami peristiwa pemberian suap pada saat itu.

Wahyu Setiawan yang diperiksa selama kurang lebih enam jam mengaku telah membeberkan semua informasi yang diketahuinya terkait Harun Masiku kepada penyidik KPK.

"Saya ditanya tentang informasi terkait dengan Harun Masiku. Dan saya sudah memberikan informasi semuanya kepada penyidik," kata Wahyu Setiawan setelah menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (28/12/2023).

Mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan setelah menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 untuk tersangka eks caleg PDIP Harun Masiku, Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/12/2023).
Mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan setelah menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 untuk tersangka eks caleg PDIP Harun Masiku, Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/12/2023). (News/ Ilham Rian Pratama)

Namun, Wahyu enggan membeberkan secara detail soal informasi terkait Harun Masiku tersebut kepada wartawan.

Dalam kesempatan ini Wahyu Setiawan membenarkan rumahnya di Banjarnegara telah digeledah tim penyidik KPK pada 12 Desember 2023.

Jauh sebelum itu Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri (Kadivhubinter), Irjen Krishna Murti pernah menyebut Harun Masiku berada di Indonesia.

Bahkan Firli Bahuri saat masih jadi Ketua KPK mengaku telah meneken surat perintah pencarian dan penangkapan buron kasus dugaan suap sekaligus mantan calon legislatif PDI Perjuangan Harun Masiku.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat