androidvodic.com

Jokowi Bantah Mau Jadi Sekjen PBB Setelah Pensiun - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membeberkan rencananya saat masa jabatannya berakhir pada Oktober 2024 nanti.

Jokowi mengatakan dirinya akan kembali ke Solo dan menjadi rakyat biasa setelah masa jabatannya sebagai Presiden nanti berakhir pada 20 Oktober 2024.

"Ya jadi rakyat biasa. Kembali ke Solo jadi rakyat biasa," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers usai mengunjungi Pasar Tradisional Purworejo, Selasa (2/1/2024).

Saat ditanya soal isu dirinya akan menjadi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) selepas menjabat sebagai Presiden RI, Jokowi sempat tersenyum.

Namun ia kembali menegaskan bahwa dirinya akan kembali ke Solo setelah masa jabatan sebagai Presiden selesai.

"Kembali ke Solo jadi rakyat biasa, udah," kata dia menegaskan.

Baca juga: Jokowi Serahkan 2.000 Sertifikat Tanah di Cilacap Jawa Tengah, Ini Pesannya Kepada Warga

Isu Jokowi berpeluang menjadi Sekjen PBB sempat hangat pada awal 2023 lalu.

Saat itu beredar video di Facebook yang mengklaim Presiden Jokowi ditunjuk langsung Sekjen PBB Antonio Guterres sebagai penggantinya setelah lengser pada Desember 2026. Namun pada 5 Februari 2023, Kominfo sudah melabeli informasi tersebut sebagai disinformasi alias informasi palsu.

Pada pertengahan November 2022, Ketua DPP PDIP Said Abdullah juga sempat menilai Jokowi layak menjadi Sekjen PBB usai menyelesaikan tugas pada 2024.

Ia mengatakan jasa dan warisan Jokowi luar biasa sehingga pantas menjabat sebagai Sekjen PBB. Ia berkata Jokowi telah membangun jaringan internasional yang luas dalam 10 tahun terakhir. Menurutnya, jaringan itu sangat dibutuhkan oleh Indonesia dan dunia dalam menghadapi perubahan iklim.

Selain itu, Said bilang, Jokowi juga sudah menunjukkan kapasitasnya di kepemimpinan nasional dalam mendorong isu-isu lingkungan selama ini. Adapun masa jabatan Antonio Guterres sebagai Sekjen PBB akan berakhir tahun 2026.

Sebelumnya, Jokowi juga pernah mengisyaratkan akan mundur dari panggung politik setelah jabatannya berakhir pada 2024 ini.

Jokowi juga mengaku tidak tertarik menjadi Ketua Umum PDI-P menggantikan Megawati Soekarnoputri.

Jokowi menanggapi usulan putra presiden pertama RI Soekarno sekaligus kakak
Megawati, Guntur Soekarnoputra.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat