androidvodic.com

Sosok Rizal Ramli: Ekonom Istimewa Hingga Kritikannya Disebut Sangat 'Pedas' - News

News, JAKARTA - Rizal Ramli telah menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (2/1/2024) pukul 19.30 WIB di di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Mantan Menteri Koordinator Kemaritimandan Sumber Daya Indonesia tersebut dikenal sebagai ekonom senior dan kerap melontarkan kritikan yang tajam kepada pemerintah.

Hal itu ungkapkan oleh sejumlah tokoh yang mengenal Rizal Ramli.

Eks Menteri Keuangan yang juga sempat menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Chatib Basri mengaku sangat mengenal Rizal Ramli sejak masih menjadi mahasiswa.

Baca juga: Rizal Ramli Tutup Usia, Para Pelayat Mulai Berdatangan ke Rumah Duka

Menurut Chatib, Rizal merupakan sosok yang ekonom yang cemerlang.

Bahkan, ia selalu memberikan masukkan kepada Pemerintah melalui sejumlah kritik dan sarannya yang terbilang cukup 'pedas'.

"Saya mengenal Rizal sejak jaman mahasiswa dulu. Ekonom yang cemerlang, aktivis yang gigih. Saat saya di pemerintahan kritiknya bukan main pedasnya," ungkap Chatib melalui akun media sosial pribadinya.

"Tapi saya tahu itu dibutuhkan untuk Indonesia yang lebih baik. Selamat jalan Bang Rizal. Kehilangan besar untuk Indonesia," sambungnya.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo mengungkapkan, Rizal Ramli salah satu tokoh ekonom senior yang kerap melancarkan kritiknya untuk pemerintah.

Hal ini terlihat dari sejumlah pemikiran yang sering berseberangan dengan pemerintah.

Meski demikian, Prastowo meyakini tujuan Rizal Ramli demi kebaikan negara.

"Duka cita mendalam atas berpulangnya Bang Rizal Ramli. Semoga memperoleh tempat terbaik di sisi Tuhan," tulis Prastowo di akun media sosial pribadinya.

"Meski kami kadang berbeda pandangan, namun ketulusan, kegigihan, dan rasa cinta beliau pada Indonesia patut dikenang dan diteladani. Selamat jalan Bang," pungkasnya.

Calon Presiden Ganjar Pranowo menyebut Rizal Ramli merupakan pakar ekonomi istimewa yang dimiliki Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat