androidvodic.com

Lanud Roesmin Nurjadin, Pangkalan yang Lahirkan Pilot Pesawat Tempur Handal Layaknya Film 'Top Gun' - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud), Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau merupakan pangkalan militer tipe A yang ditempati pesawat tempur.

Lanud yang berdiri di Bumi Ranca Kuning ini merupakan pangkalan terbesar dari enam pangkalan yang berada di wilayah bagian barat Indonesia.

“Bisa menjangkau dekat ke ibu kota dan dekat ke wilayah perbatasan khususnya wilayah Natuna yang cenderung berpotensi terhadap tingginya pelanggaran yang dilakukan nelayan dari negara asing,” kata Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Feri Yuliadi dalam acara ‘Press tour Dispenau TNI AU, Senin (5/2/2024).

Selain sebagai base untuk pesawat tempur, Lanud Roesmin Nurjadin juga menjadi tempat pendidikan para pilot jet tempur dan latihan TNI AU bersama negara lain.

“Latihan dengan negara Amerika satu lagi di sebelah selatan kalau ga di kupang atau di bali, namun 60 sampai 70 persen latihan bersama dengan negara lain dilaksanakan di sini,” ucapnya.

Feri mengatakan pusat pelatihan pilot pesawat tempur ini melahirkan sejumlah pilot layaknya aktor Pete Maverick Mitchell dalam film Hollywood 'Top Gun'.

Baca juga: TNI AU Kembali Kedatangan Pesawat Angkut C130J Super Hercules Keempat

“Ini kalau semacam wartawan biasa melihat, atau pernah nonton film Top Gun nah salah satu sekolahnya ada di sini, jadi disini disekolahkan lagi jadi ahli senjata ahli perangnya pesawat tempur nah tempatnya di sini,” ucapnya.

Tak hanya melibatkan instruktur dari dalam negeri, Lanud Roesmin Nurjadin juga melakukan latihan pertempuran udara bersama dengan militer dari Singapura maupun negara lainnya.

“Kita cukup berbangga karena ini salah satu tempat pendidikannya para penerbang tempur untuk melaksanakan fighter disini,” katanya.

Lanud ini diketahui terdapat satuan Wing Udara 6 yang terdiri dari Skadron 12 dan Skadron 16 hingga Skadron Teknik (Skatek) 045.

Baca juga: Kemhan Tuntaskan Pembelian Jet Tempur Rafale, TNI AU akan Operasikan 42 Pesawat Baru Buatan Prancis

Wing Udara 6 bertugas melaksanakan pembinaan latihan terhadap skadron udara dan mengelola fasilitas pendukung latihan seperti Air Combat Manuvering instrumentation dan simulator pesawat hawk 200.

News berkesempatan untuk mengunjungi langsung Lanud Roesmin Nurjadin khususnya untuk melihat Skadron 12 dan 16.

Skadron Udara 12 menyiapkan dan mengoperasikan pesawat tempur taktis British Aerospace Hawk 100/200 sementara Skadron Udara 16 yang bertugas menyiapkan pesawat tempur strategis Lockheed Martin F-16 CD.

Kedua Skadron tersebut terlihat memiliki hanggar besar untuk menyimpan dua jenis pesawat tempur tersebut yang terhubung dengan jalur penerbangan.

Selanjutnya untuk Skatek 045 bertugas melaksanakan pemeliharaan tingkat sedang seluruh alutsista udara yang terdapat di Lanud Roesmin Nurjadin beserta komponen-komponennya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat