androidvodic.com

AHY Dikabarkan akan Dilantik Jadi Menteri ATR pada Rabu Pon Hari Ini - News

News - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), santer dikabarkan akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri baru di Kabinet Indonesia Maju, Rabu Pon (21/2/2024).

AHY diisukan akan menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto kabarnya bakal dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), mengisi posisi yang ditinggalkan Mahfud MD.

Diketahui, Mahfud MD mengundurkan diri karena mengikuti kontestasi Pilpres 2024 sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Bocoran mengenai adanya reshuffle yang bertepatan dengan hari Rabu Pon dalam penanggalan Jawa itu pertama kali dilontarkan oleh politisi Partai NasDem, Sahroni.

"Isunya demikian," kata Sahroni, Selasa (20/2/2024).

Makna Rabu Pon

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Kunto Adi Wibowo, menilai pemilihan Rabu Pon untuk melaksanakan hal penting tak lepas dari langgam politik Jawa yang sejak awal melekat dalam diri Jokowi.

Mengutip pernyataan Soemarsaid Moertono dalam buku Negara dan Kekuasaan di Jawa Abad XVI-XIX, Kunto mengatakan legitimasi raja-raja Jawa bersumber dari aspek magis religius.

Kunto pun berpendapat, hal itu yang diterapkan Jokowi dalam berpolitik.

"Rabu Pon-nya Pak Jokowi ini sebagai bentuk hal mistis yang tidak tersentuh masyarakat," ujar Kunto saat wawancara bersama Kompas.com, Rabu (1/2/2023).

Baca juga: Profil AHY yang Akan Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR/BPN, Perjalanan Politik Ketua Umum Demokrat

Lebih lanjut, Kunto menyebut Jokowi tengah berusaha merawat kekuasaan secara kultural lewat pemilihan Rabu Pon untuk melakukan hal-hal penting.

"Bahwa di sini kalau rakyat patuh dengan raja yang punya kesaktian, kewibawaan magis religius yang tinggi, maka rakyatnya akan sejahtera dan akan hidup tenteram, di sini ada legitimasi terhadap sang raja," paparnya.

Selama dua periode menjabat sebagai Presiden Indonesia, Jokowi beberapa kali melakukan reshuffle pada Rabu Pon.

Pertama, yakni pada Rabu, 12 Agustus 2015. Kemudian, pada Rabu, 27 Juli 2016 dan 23 Desember 2020.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat