androidvodic.com

Respons Ibas seusai AHY Dilantik Jadi Menteri ATR: Kaget, tapi Juga Bersyukur - News

News - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, mengungkapkan perasaannya seusai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Rabu (21/2/2024).

Ibas mengaku kaget AHY diajak oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bergabung dengan Kabinet Indonesia Maju.

"Kaget, di saat seperti ini, di saat kita sedang menghadapi pemilu yang InsyaAllah berjalan demokratis dan kita masih menunggu hasil suara, ternyata ajakan dan kepercayaan itu datang lebih cepat dari pemerintahan, tentu saya kaget, tapi juga bersyukur," ujar Ibas saat ditemui di Istana Negara, Rabu, dilansir YouTube Kompas TV.

"Dan tibalah saatnya hari ini kita menyaksikan bahwa proses itu berjalan dengan lancar."

"Tentu saya sekali lagi, ingin mendoakan, memberikan dukungan, baik moril, baik doa, dan support secara berkelanjutan agar Mas AHY dan Mbak Annisa tentunya dapat menjadi pemimpin Kementerian ATR dengan baik dan bijak," tuturnya.

Selain melantik AHY, hari ini Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode sisa masa jabatan 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Keppres tersebut ditetapkan pada 20 Februari 2024.

Setelah pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Hadi Tjahjanto dan AHY.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada undang-undang dasar NKRI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara."

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Presiden Jokowi membacakan sumpah yang diikuti oleh AHY dan Hadi, Rabu.

Baca juga: Cerita AHY Malam-malam Sowan ke Hadi Tjahjanto Jelang Dilantik Sebagai Menteri ATR/ BPN

Setelah itu, Hadi dan AHY secara bergantian menandatangani berita acara yang diikuti oleh Presiden Jokowi.

Serba Mendadak

AHY menyebut proses dirinya ditunjuk menjadi Menteri ATR/BPN berlangsung dengan cepat.

Pada Senin (19/2/2024) malam dia mendapatkan panggilan telepon dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat