androidvodic.com

Moeldoko Ungkap Alasan Absen Pelantikan AHY Jadi Menteri ATR/BPN, Ucapkan Selamat Lewat Medsos  - News

News - Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko akhirnya buka suara terkait ketidakhadirannya dalam pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Rabu (21/2/2024).

Melalui akun Instagram pribadinya, Moeldoko menjelaskan tengah menghadiri konferensi FAO Asia Pasifik yang digelar di ibu kota Sri Lanka, Kolombo.

Pada konferensi tersebut, Moeldoko dipercaya sebagai pembicara di hadapan 34 delegasi negara.

Konferensi FAO Asia Pasifik digelar pada Rabu kemarin, bertepatan dengan pelantikan dua menteri baru, yakni AHY dan Hadi Tjahjanto.

"YANG CARI SAYA HARI INI, TENANG-TENANG, SAYA ADA DI SINI.

Saya sedang menjadi pembicara konferensi FAO Asia Pasifik yang dihadiri oleh 34 delegasi negara. Saya memaparkan tiga prioritas transformasi pertanian dan pangan untuk menghadapi krisis pangan di Asia Pasifik," tulisnya, melalui akun Instgaram @dr_moeldoko.

Sebagai pembicara dalam konferensi itu, Moeldoko membahas sejumlah transformasi pertanian dan pangan yang dilakukan pemerintah RI untuk menghadapi krisis pangan.

Satu di antaranya, mendorong pertanian dengan teknologi dan keberlanjutan.

"Pertama, transformasi cara bertani dengan menekankan pentingnya mendorong pertanian yang lebih efisien dengan teknologi dan berkelanjutan. Kerjasama kawasan dalam pengembangan teknologi pertanian perlu diperkuat," jelas Moeldoko.

Kedua, transformasi produk pangan. Kawasan Asia Pasifik, yang kaya sumber daya hayati, harus membangun ketahanan pangan dengan diversifikasi pangan.

Ketiga, transformasi aktor atau petani dengan menyoroti masalah regenerasi petani di kawasan dan dunia. Petani semakin tua dan sulit menarik minat anak muda. Untuk menjawab tantangan ini, Indonesia bekerja sama dengan FAO membangun program regenerasi petani. Program ini meliputi pelatihan berjenjang dari hulu ke hilir, termasuk penggunaan teknologi smart farming dan cara berbisnis yang menguntungkan," tambahnya.

Baca juga: AHY Hanya Tersenyum Ditanya Moeldoko

Tak lupa, Moeldoko mengucapkan selamat untuk AHY dan Hadi Tjahjanto atas pelantikan sebagai menteri baru.

Moeldoko turut meminta maaf karena absen dalam pelantikan tersebut.

"Saya ucapkan juga selamat kepada pak @hadi.tjahjanto dan mas @agusyudhoyono yang telah dilantik oleh presiden @jokowi menjadi Menteri Kabinet Indonesia Maju. Mohon maaf saya tidak bisa menghadiri pelantikan karena harus menjalankan tugas saya sebagai kepala @kantorstafpresidenri untuk menjadi pembicara forum @fao di Sri Lanka. #moeldoko #petanimaju #kolaborasi #Indonesiamaju," tutupnya.

Senyum AHY saat Ditanya soal Moeldoko

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat