androidvodic.com

Sejahterakan Umat, Zakat Dapat Digunakan untuk Pemberdayaan Ekonomi Hingga Beasiswa - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Pimpinan BAZNAS bidang Pengumpulan Zakat, Rizaluddin Kurniawan, mengungkapkan zakat dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

Zakat, menurut Rizaluddin, dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi hingga pemberian beasiswa.

"Ke depan maka alokasi untuk pemberdayaan dan kesejahteraan umat, berharap bisa lebih besar, dan itu bisa juga berfokus kepada pemberdayaan ekonomi, beasiswa, meningkat kualitas SDM masyarakat di Indonesia," ujar Rizaluddin melalui keterangan tertulis, Rabu (6/3/2024).

Hal tersebut diungkapkan oleh Rizaluddin pada acara Public Expose 2024 Baitul Maal Hidayatullah (BMH) di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Jakarta.

Laznas BMH berhasil mengumpulkan zakat sepanjang tahun 2023 sebesar Rp. 291 miliar.

Rizaluddin meminta BMH mampu meningkatkan dampak zakat, sehingga bisa menyejahterakan umat.

"Harapannya ke depan nanti BAZNAS berharap capaian himpunan BMH bisa terus meningkat dan juga dampak zakat ini yang penting adalah dampak zakat. Bagaimana zakat sesuai amanah undang-undang bisa menyejahterakan umat," tuturnya.

Dirut BMH, Supendi menegaskan bahwa BMH aktif terlibat dalam berbagai program kemanusiaan, termasuk penanggulangan bencana banjir di Demak dan Grobogan, serta memberikan bantuan ke Palestina.

Sekretaris Pengurus Laznas BMH, Dede Heri Bachtiar, mengungkapkan BMH berkomitmen dalam berbagi kebaikan dan mewujudkan kesejahteraan yang terus mendapat dukungan masyarakat dan pemerintah.

Berbagai pihak mengapresiasi gelaran Public Expose BMH itu. Bagi Kang Maman, tokoh literasi Indonesia. Ia menilai event seperti ini harus terus diperkuat dan disyiarkan.

“Pamerkan saja kebaikan-kebaikan kita. Jangan sampai yang buruk malah lebih percaya diri dalam menyampaikan keburukannya. Sedangkan kita masih ragu dan malu untuk menampilkan kebaikan yang boleh jadi akan mengajak yang lain juga ikut berbuat baik,” tuturnya.

Baca juga: Laznas BMH Serahkan Laporan Semester I 2023 Ke Baznas dan Kemenag Kaltara

Acara Public Expose ini dihadiri oleh jajaran DPP Hidayatullah, direksi BMH, serta berbagai pihak terkait seperti Menko PMK yang diwakili Asisten Deputi PAUD Dasar dan Menengah, Jazziray Hartoyo, Rizaluddin Kurniawan, Pimpinan BAZNAS bidang Pengumpulan Zakat, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI Prof Waryono.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat