androidvodic.com

Mantan Menteri Pertanian SYL Transfer Rp840 Juta ke Partai Nasdem untuk Sumbangan Bencana - News

News, JAKARTA -  Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mentransfer Rp820 juta ke Partai Nasdem untuk sumbangan bencana.

Uang tersebut untuk sumbangan gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Keterangan tersebut disampaikan Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni usai diperiksa di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca juga: Ahmad Sahroni Penuhi Panggilan KPK Pagi Ini, Klarifikasi Aliran Dana ke NasDem dari Dugaan TPPU SYL

“Dua kali transfer ke Fraksi Nasdem itu buat bantuan sumbangan bencana gempa di Cianjur, itu saja,” kata Sahroni saat ditemui di Gedung kPK, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Sahroni menyebut, pertama kali SYL mengirim uang Rp 800 juta, kemudian Rp 40 juta. Namun, uang tersebut telah dikembalikan ke rekening KPK.

Sahroni mengakui, aliran keuangan itu sempat tercatat di data kebendaharaan Partai Nasdem. Namun, pihaknya tidak mengetahui dari mana SYL memperoleh uang tersebut.

“Yang Rp800 juta sudah tiga bulan lalu kalau enggak salah sudah dipulangin,” tutur Sahroni.

Adapun kedatangan Sahroni ke KPK untuk dimintai keterangan sebagai saksi dugaan TPPU SYL.

Dikatakan Sahroni uang tersebut sudah dikembalikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Diketahui Dalam surat dakwaan SYL, jaksa di PN Tipikor telah membeberkan aliran uang hasil pemerasan dan gratifikasi yang diterima SYL.

Baca juga: KPK Kembali Periksa Bos Pakaian Dalam Hanan Supangkat Terkait Pencucian Uang SYL

Jaksa menyebut SYL menggunakan uang hasil pemerasan terhadap bawahannya di Kementan dan gratifikasi senilai Rp44,5 miliar untuk kepentingan keluarga, umrah, hingga setoran ke Partai NasDem.(Kompas.com)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat