androidvodic.com

Muncul Rumor Cak Imin Maju di Pilkada Jatim Usai Kalah Pilpres, Begini Respon DPP PKB - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Belakangan muncul rumor kencang di internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bahwa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan maju di Pilkada Jawa Timur 2024 untuk bertarung merebut kursi Gubernur Jawa Timur.

Cak Imin akan bertarung dengan Khofifah Indar Parawansa, gubernur incumbent yang dikabarkan juga akan kembali maju di Pilkada Jatim.

Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda membantah keras rumor tersebut.

Dia mengatakan itu tidak lebih dari sebatas rumor. Dia mengatakan kabar itu 1.000 persen tidak benar.

"Nggak betul itu. 1000 persen nggak betul. Kami tidak siapkan Gus Imin untuk di Pilgub. Itu tidak betul," ucap Huda saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Huda mengatakan PKB tidak ada agenda untuk mengusung Cak Imin menjadi calon gubernur Jawa Timur. Dia pun tidak tau asal muasal rumor tersebut.

"Jadi saya pastikan saya tegaskan juga hari ini tidak ada agenda sama sekali soal itu. Itu rumor yang kita juga nggak tau itu bersumber dari mana," katanya," katanya.

Di sisi lain, Huda mengaku pihaknya masih belum mau merinci posisi yang akan dijabat oleh Cak Imin seusai Pemilu 2024. Saat ini, PKB masih fokus menunggu putusan gugatan Mahkamah Konstitusi (MK) soal hasil pilpres 2024.

"Kita lihat nanti. Sekali lagi kita hormati putusan MK. Sampai MK memastikan keputusan. Kan tinggal beberapa hari lagi nih," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, muncul aspirasi dari kader akar rumput yang mendorong Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, maju pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Timur 2024.

Baca juga: Cak Imin Didorong Maju Pilgub Jatim, Dewan Syura PKB: Kader Harus Fokus Kawal Sengketa Pilpres di MK

Bendahara DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur Fauzan Fuadi mengungkapkan, aspirasi itu meluas di kalangan internal PKB Jatim setelah isu itu muncul.

"Aspirasi dari internal setelah munculnya isu tersebut memang mulai meluas," kata Fauzan saat dikonfirmasi News, Rabu (27/3/2024).

Fauzan menyebut, tak hanya di kalangan internal PKB, para elite parpol lain di Jatim juga menyuarakan Cak Imin untuk maju Pilgub Jawa Timur.

Baca juga: Muncul Aspirasi Kader Akar Rumput Inginkan Cak Imin Maju Pilgub Jatim, Begini Respons DPP PKB

"Yang menarik justru dorongan dari eksternal. Ada beberapa elit parpol di Jatim yang turut mewacanakan," ujarnya.

Namun demikian, DPW PKB Jatim akan mematuhi apa pun keputusan yang akan diambil oleh jajaran pengurus pusat. Sebab, saat ini partai masih fokus mengawal gugatan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Masih menunggu arahan dari DPP PKB juga harus bagaimana dan seperti apa," ucapnya.

"Kami di bawah prinsipnya manut dawuhnya DPP," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat