androidvodic.com

Kapolri Pimpin Apel Operasi Ketupat 2024, Tekankan Keselamatan Lalu Lintas Hingga Gangguan Kamtibmas - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 di Lapangan Silang Monas Jakarta pada Rabu (3/4/2024).

Sigit mengatakan apel gelar pasukan tersebut merupakan bentuk pengecekan kesiapan akhir melaksanakan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen dan sinergitas TNI-Polri dan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan pengamanan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah.

Dalam apel tersebut, Sigit memberikan sejumlah arahan kepada para personel peserta apel baik dari sisi keselamatan lalu lintas hingga antisipasi gangguan keamanan ketertiban masyarakat.

Terkait penggunaan jalan tol dan jalan arteri, ia meminta para personel memberikan jaminan keselamatan lalu lintas kepada masyarakat.

Baca juga: Tribun Network Gelar Mudik Gratis Menggunakan Bus ke Tiga Tujuan Akhir

Selain itu, ia juga meminta mereka memeriksa kondisi infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan masyarakat serta mereduksi faktor-faktor potensi kerawanan dan sumbatan di jalan raya.

Terkait penyebrangan laut, Kapolri meminta para personel untuk mengantisipasi antrean panjang saat menaiki kapal dengan mendorong pembelian tiket secara online.

Selain itu, Jenderal Sigit meminta agar mereka memastikan masyarakat mendapatkan informasi mengenai pelabuhan penyebrangan yang dapat digunakan sesuai dengan jenis kendaraan.

Pihaknya  juga menekankan agar mereka memahami betul karakteristik wilayah masing-masing seperti titik rawan banjir, rawan longsor, dan rawan gangguan kamtibmas terutama yang berada di jalur-jalur mudik.

Aspek keamanan dari gangguan kamtibmas, kata Sugit, juga harus menjadi perhatian penting.

"Lakukan patroli bersama pada jam-jam rawan. Siapkan layanan pantauan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan sehingga masyarakat dapat mudik dengan tenang," kata dia.

Berdasarkan survei Kemenhub tahun 2024, kata Sigit, diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta.

Hal tersebut, kata dia, meningkat 56,4 persen dibandingkan tahun 2023 lalu.

"Oleh karena itu Bapak Presiden Joko Widodo menekankan mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali kenaikannya," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat