androidvodic.com

Mudik Lebaran, Operator Tol Diminta Lengkapi Rest Area dengan Fasilitas Ramah Anak dan Perempuan - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meminta operator jalan tol menyiapkan fasilitas ramah anak dan perempuan di kawasan rest area selama arus mudik Lebaran dan arus balik Lebaran 2024.

Fasilitas yang bisa disediakan diantaranya Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA), ruang laktasi, toilet khusus perempuan dan anak. Hingga akses yang mudah bagi disabilitas dan lansia.

"Kami mendorong agar pengelola layanan publik, salah satunya seperti Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol, untuk menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung dalam rangka menyukseskan Mudik Ramah Perempuan dan Anak," ujar Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA, Nahar, Kamis (4/4/2024).

Menurut Nahar, pengelola rest area jalan tol harus mampu menciptakan tempat yang bebas dari kekerasan terhadap anak dan perempuan.

"Kita juga mendorong agar pengelola layanan publik yang berkaitan dengan arus mudik ini menyediakan sarana dan prasarana untuk pelaporan kekerasan yang mungkin saja terjadi terhadap pemudik perempuan dan anak," kata Nahar.

"Pos pelayanan pengaduan kekerasan diharapkan ada selama arus mudik hingga arus balik nanti, sehingga dapat memberikan akses kemudahan kepada perempuan dan anak jika mengalami kekerasan atau sejenisnya," tambah Nahar.

Nahar mengajak seluruh pihak untuk terlibat dalam menciptakan iklim dan lingkungan yang aman serta nyaman bagi perempuan dan anak dalam arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Baca juga: Benarkah e-Toll Jadi Expired Jika Terlalu Lama Istirahat di Rest Area? Ini Penjelasan Jasa Marga

Termasuk tidak mudik dengan sepeda motor jarak jauh sambil membawa balita.

Dia berpesan, jika masyarakat melihat atau mengalami kekerasan terhadap perempuan dan anak pada saat mudik Lebaran agar dapat menghubungi layanan yang tersedia.

Baca juga: Jasa Marga Tambah 159 Unit Radar Penghitung Kepadatan Lalu Lintas di Trans Jawa dan Rest Area

Kemen PPPA juga telah menyediakan Layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA 129) pada hotline 129 atau WhatsApp di nomor 08111-129-129.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat