androidvodic.com

Mengingat Janji Irjen Karyoto Tuntaskan Kasus Pemerasan Firli Bahuri, Apa Kabar Berkas Kasus Firli? - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto terakhir kali berjanji bakal menyelesaikan kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh eks Ketua KPK, Firli Bahuri ke eks Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Lalu bagaimana perkembangan berkas perkara dalam kasus ini?

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta Syahron Hasibuan menyebut hingga saat ini pihaknya belum menerima berkas perkara tersebut.

"Setelah kita cross check ke bidang terkait, berkas belum ada diterima oleh Kejati DKI," kata Syahron dalam keterangannya dikutip, Sabtu (20/4/2024).

Baca juga: Paniknya SYL saat Rumahnya Digeledah KPK, Langsung Whatsapp Firli Bahuri: Chat Dibalas, Tapi Dihapus

Sebagaimana diketahui, berkas perkara tersebut pertama kali dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta (Kejati DKI Jakarta) pada Jumat (15/12/2023).

Kemudian, berkas dikembalikan jaksa ke penyidik untuk dilengkapi.

Polisi kembali melakukan pemeriksaan terhadap para pihak terlibat dalam rangka melengkapi berkas perkara.

Syahron mengatakan berkas perkara tersebut belum dikirimkan lagi ke jaksa. Dari aturan yang ada, seharusnya berkas perkara dilengkapi selama 14 hari sejak dikembalikan.

"14 hari harusnya. Tergantung penyidik kapan dia bisa penuhi sebenarnya. Kalau misalkan tidak dipenuhi akan kita kembalikan, akan begitu terus. Itu diatur sama KUHAP nya," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak belum bisa memberikan keterangan terkait perkembangan kasus tersebut.

"Nanti kita update ya," ucap Ade Safri.

Senada dengan Karyoto, Ade hanya menyebut pihaknya tidak akan menghentikan kasus dugaan pemerasan tersebut.

"Kita jamin penyidikan yang dilakukan oleh tim penyidik Subdit Tipidkor Polda Metro Jaya bergabung bersama tim penyidik bareskrim polri berjalan secara profesional, transparan akuntabel. Profesional dan pasti tuntas," ungkapnya.

Baca juga: Polda Metro Bantah Hentikan Kasus Firli Bahuri: Gugatan Prematur, Penyidik Tak Pernah Keluarkan SP3

Tunggu Tanggal Main

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat