androidvodic.com

Indonesia Berpotensi Jadi Negara Maju karena Bonus Demografi, Sektor Kesehatan Punya Peran Penting - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berharap agar masalah kesehatan yang ada saat ini dapat diatasi bersama-sama serta terintegrasi dari pusat hingga ke daerah.

Jokowi mengatakan Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara maju karena pada tahun 2030an Indonesia akan memperoleh bonus demografi.

Dan sektor kesehatan memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut. Kesehatan sangat penting bahkan dibandingkan pendidikan untuk menjadikan anak pintar. 

Karena, kata Jokowi, jika pintar tapi tidak sehat maka hal tersebut kurang dapat memberikan manfaat. 

"Kita bisa meraih peluang ini dan melesat menjadi negara maju, tapi kalau tidak (dimanfaatkan bonus demografi) Mohon maaf," kata Presiden di acara Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) dilansir Tribunnews dari website resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (25/4/2024). 

 Untuk itu, lanjut Presiden, diperlukan rencana jangka panjang, rencana jangka menengah, rencana induk kesehatan yang sejalan baik di pusat sampai daerah.

Baca juga: Rawat Inap Penyakit Influenza Capai Rp 1.396 Trilliun, Masyarakat Diimbau untuk Vaksinasi

"Semuanya harus in line, harus satu garis lurus. Oleh karena itu kita ingin mengkonsolidasikan hal itu dan mengintegrasikan agar kerja kita bersama-sama bisa menghasilkan sebuah hasil yang konkret dari persoalan-persoalan kesehatan yang kita miliki," jelas Jokowi

Presiden berharap agar rencana induk kesehatan dapat segera selesai, sehingga bisa dijadikan pedoman pelaksanaan program kesehatan baik di pusat, daerah dan juga sektor swasta. 

"Saya yakin jika semuanya berjalan kompak akan signifikan kemajuan dibidang kesehatan di negara kita," imbuh Presiden.

Masalah Kesehatan Perlu Diatasi Bersama-sama

Presiden menambahkan, saat ini masih ada sejumlah pekerjaan rumah (PR) di sektor kesehatan yang perlu bersama-sama diselesaikan. 

Diantaranya adalah masalah stunting yang meski mengalami lonjakan penurunan cukup signifikan yakni dari 37 persen kasus Stunting di Indonesia 10 tahun lalu menjadi 21,5 persen. di Desember 2023 kemarin. 

Menurut Presiden mengatasi stunting bukanlah hal yang mudah dan perlu melibatkan berbagai sektor untuk mengatasinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat