androidvodic.com

Ditunjuk jadi Staf Ahli Kapolri Bidang Ketenagakerjaan, Ini Tugas Andi Gani Nena Wea - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra 

News, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo secara resmi menunjuk Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea sebagai Staf Ahli Polri untuk Bidang Ketenagakerjaan.

Listyo lantas membeberkan tugas dan tanggungjawab melekat yang nantinya akan dikerjakan oleh Andi Gani.

Kata Listyo, pembentukan unit khusus penindakan ketenagakerjaan ini karena belakangan ini banyak terjadi sengketa antara buruh dengan para pengusaha.

"Jadi, di lapangan kita mendengar banyak sekali sengketa ketenagakerjaan yang terjadi antara buruh dengan pengusaha, tentunya ini bukanlah hal yang tidak bisa diselesaikan," kata Listyo saat jumpa pers di acara May Day Fiesta memperingati hari buruh internasional, di Stadion Madya, Kawasan GBK, Senayan, Rabu (1/5/2024).

Baca juga: Presiden KSPI Sebut Upah Ideal Buruh di Jakarta Rp 7 Juta: Covid-19 jadi Alasan Mainkan Upah

Menurut Listyo, meski Polri bisa saja melakukan beragam cara untuk menyelesaikan sengketa itu, namun tetap perlu ada komunikasi dengan sektor yang terlibat.

Komunikasi itu juga sebagai cara untuk membantu menyelesaikan sengketa yang kerap dihadapi para buruh.

"Namun demikian, tentunya kita juga butuh ada informasi masukkan sehingga kemudian secara komperhensif kita bisa membantu menyelesaikan sengketa yang ada dengan tidak bermaksud mencampuri stakeholder," ujar Listyo.

Atas hal itu, Listyo menyampaikan kalau tugas dan tanggungjawab dari Andi Gani nantinya adalah memberikan masukan kepada Polri dalam menyelesaikan persoalan para buruh tersebut.

Harapannya kata dia, nantinya Polri bisa semakin memberikan pengawalan terhadap para buruh termasuk dalam menyelesaikan masalah-masalahnya.

"Mungkin (Andi Gani) mempunyai tugas yang hampir sama (memberikan masukan), tapi di sisi lain kita pun juga mempunyai tugas memelihara Kamtibmas, tentunya mudah-mudahan peran Polri dalam hal mengawal, menjaga, dan melindungi teman-teman buruh bisa berjalan dengan lebih baik. Itu," tukas Listyo.

Baca juga: INFOGRAFIS: Daftar Aliran Uang SYL yang Terkuak di Sidang Korupsi Kementan

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menunjuk nama Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea menjadi staf ahlinya untuk bidang ketenagakerjaan.

Listyo menyatakan, penunjukan Andi Gani itu dilaksanakan setelah adanya kesepakatan antara perwira tinggi Polri dengan para pimpinan konfederasi buruh.

Pengumuman itu disampaikan Listyo saat dirinya turut hadir di acara May Day Fiesta dalam memperingati hari buruh internasional di Stadion Madya Kawasan GBK, Senayan, Rabu (1/4/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat