androidvodic.com

Beda Respons Anies, Ganjar dan Jokowi Soal Wacana Prabowo Bentuk 40 Kementerian - News

News, JAKARTA - Wacana Presiden Terpilih 2024, Prabowo Subianto membentuk 40 kementerian tuai beragam reaksi.

Presiden Jokowi enggan mengomentari isu rencana Prabowo Subianto menambah lembaga kementerian menjadi 40 pada pemerintahan periode 2024-2029.

Diketahui Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Jokowi sekarang hanya terdiri atas 4 Kementerian koordinator dan 30 Kementerian bidang.

Senada dengan Jokowi, Anies Baswedan enggan berkomentar banyak soal wacana penambahan pos kementerian pada pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Semua diatur dengan undang-undang. Selama itu sesuai dengan ketentuan undang-undang, maka tidak ada larangan," ujar Anies Baswedan kepada wartawan di Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024).

Sementara itu, Ganjar Pranowo lantang mengkritik wacana penambahan kursi menteri dari 34 menjadi 40 pada era pemerintahan baru Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Eks Gubernur Jateng ini mengingatkan soal ketentuan dalam Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

"Setahu saya. Undang-undang itu sudah membatasi jumlahnya, maka kalau lebih dari itu tidak cocok dan tidak sesuai dengan undang-undang," kata Ganjar seperti ditayangkan Kompas TV, Selasa (7/5/2024).

Kata Ganjar, jika semangat penambahan kursi menteri karena politik akomodasi untuk kelompok-kelompok yang sudah mendukung capres dan cawapres hingga menang Pilpres, maka wacana itu bukan langkah yang tepat.

Jokowi Irit Bicara Tanggapi Isu Prabowo akan Tambah Jumlah Kementerian Menjadi 40

Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan mengomentari isu mengenai rencana Presiden terpilih Prabowo Subianto menambah lembaga kementerian menjadi 40 pada pemerintahan periode 2024-2029.

Untuk diketahui Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Jokowi sekarang hanya terdiri atas 4 Kementerian koordinator dan 30 Kementerian bidang.

Menurut Jokowi terkait Kementerian yang akan datang sebaiknya ditanyakan kepada Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih.

"Hmm kalau kementerian yang akan datang ya tanyakan dong kepada presiden terpilih, tanyakan kepada presiden terpilih, tanyakan kepada presiden terpilih," kata Jokowi usai acara peresmian Indonesia Digital Test House di Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepakat dengan saran Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan agar Prabowo Subianto tidak membawa orang toxic ke dalam pemerintahan nanti. Menurut Jokowi, sudah benar untuk tidak membawa orang toxic ke pemerintahan.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepakat dengan saran Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan agar Prabowo Subianto tidak membawa orang toxic ke dalam pemerintahan nanti. Menurut Jokowi, sudah benar untuk tidak membawa orang toxic ke pemerintahan. (Tribunnews/Taufik Ismail)

Jokowi juga enggan menjawab saat ditanya apakah memberikan masukan kepada Prabowo dalam pembentukan Kabinet. Termasuk saat ditanya apakah penambahan kementerian tersebut diperlukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat