androidvodic.com

Agar Tak Macet saat Event World Water Forum di Bali, Polisi Dorong Pemda Keluarkan Kebijakan WFH - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JAKARTA - Korlantas Polri melakukan persiapan pengamanan khususnya soal lalu lintas saat event World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar di Bali pada 18-24 Mei 2024 mendatang.

Dalam hal ini, Polri mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) Bali untuk mengeluarkan kebijakan work from home (WFH) untuk pekerja dan pelajar untuk mengurangi kemacetan.

Baca juga: Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Pengamanan WWF ke-10 di Bali, Berikut Sejarah Forum Air Dunia

"Itu masih kita usulkan. Kita mendorong Pemda setempat baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk mengurangi kepadatan yang ada pada tanggal pelaksanaan World Water Forum. Namun keputusan masih kita tunggu," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso dalam keterangannya, Senin (13/5/2024).

Slamet mengatakan sejauh ini pihaknya sudah memetakan jalur-jalur yang akan dilewati oleh sejumlah kepala negara dan delegasi yang akan ikut kegiatan tersebut.

Nantinya akan ada rekayasa lalu lintas berupa buka tutup jalur agar arus lalu lintas tamu negara dapat berjalan lancar.

"Buka tutup tidak selamanya tapi pada saat rombongan yang lewat kita tutup. Kalau sudah lewat kita buka lagi. Sehingga ini kita harapkan tidak mengganggu aktivitas masyarakat dan wisawatan yang datang ke Bali," ucapnya.

Selain itu, Slamet mengatakan pihaknya juga sudah menyiapkan kantong-kantong parkir sebagai buffer zone ke venue atau tempat event tersebut.

Baca juga: Korlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas hingga Kantong Parkir untuk ke Venue WWF di Bali

Sebagai informasi, Indonesia telah siap menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) dengan digelarnya Kick-Off Meeting pada 15-16 Februari 2023 di Jakarta Convention Center.

Adapun ajang internasional WWF ke-10 ini akan diselenggarakan di Bali pada 18-24 Mei 2024. 

Pada acara ini Indonesia akan mendorong kerja sama internasional untuk memitigasi krisis air yang sudah ada di depan mata.

Dalam hal ini, Polri bakal menggelar Operasi Puri Agung 2024 dalam rangka pengamanan agenda internasional World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Operasi yang akan digelar selama 10 hari mulai 17-26 Mei 2024 mendatang ini akan dipimpin langsung oleh Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran.

"Yang dipimpin oleh Kabaharkam Polri selaku kepala operasi, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis (25/4/2024).

Trunoyudo mengatakan operasi ini bertujuan untuk menjamin keamanan dalam pelaksanaan ajang internasional itu.

Nantinya, Polri akan menjamin keselamatan para kepala negara, menteri, hingga delegasi yang hadir.

Total, ada 5.791 polisi yang dikerahkan dalam kegiatan pengamanan yang terdiri dari personel Mabes Polri, Polda Bali, Polda Jatim, dan Polda NTB.

"Terdapat 10 satuan tugas yang dibentuk dalam Operasi Puri Agung 2024. Yaitu Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgaspam Walrolakir, Satgaspam Tindak, Satgaspam Gakkum, Satgaspam Anti Teror, Satgas Humas, Satgas Banops, Satgaswil Jatim, dan Satgaswil NTB," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat