androidvodic.com

Ajang Unjuk Aksi Talenta Disabilitas Panggung Talenta 2024 - News

News. JAKARTA - Insan berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak. 

Data terkini bahkan menyatakan disabilitas meninggal 20 tahun lebih awal dari orang lain yang tidak disabilitas

Mereka juga memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit seperti depresi, asma, diabetes, stroke, obesitas, dan kesehatan mulut yang buruk. 

Bahkan dunia mecetuskan melalui Perserikatan Bangsa Bangsa "United in action to rescue and achieve the SDGs for, with and by persons with disabilities" atau "bersatu dalam aksi untuk menyelamatkan dan mencapai keberlanjutan dengan dan oleh penyandang disabilitas

Yang kemudian menjadi aksi nyata untuk tetap menjadikan bahwa sahabat disabillitas punya kesempatan dan kebebasan yang sama. 

Perkumpulan Lions Indonesia yang sudah memberikan pelayanan selama 106 tahun, dimana 54 tahun pelayananan tersebut dilakukan di Indonesia memikirkan bagaimana juga nasib para kaum disabilitas dalam meneruskan hidup secara mandiri terutama tuntutan lapangan pekerjaan dan kewirausahaan dalam persaingan global. 

Hal ini diwujudkan dengan kehadiran Panggung Talenta 2024, yang merupakan panggung ajaib dalam mempersembahkan keindahan dan keberanian bakat luar biasa para penyandang disabilitas

Pembuktian bahwa keterbatasan fisik bukanlah penghalang dalam mewujudkan mimpi dan prestasi. Mulai dari seni pertunjukan music, tari, pantonim hingga puluhan kreatifitas seni. 

Peter C. Djayadi, Gubernur Distrik 307A1 Perkumpulan Lions Indonesia menyampaikan ini merupakan sekuel kedua setelah tahun sebelumnya berhasil melahirkan bintang panggung yang memiliki keunikan, dan kini sudah merambah menjadi pekerja seni professional. 

Tahun ini pendaftaran dibuka mulai 4 Desember di seluruh Indonesia, dengan syarat usia 13 - 50 tahun. 

Dengan total 521 pendaftar seluruh Indonesia seleksi dilakukan melalui pengiriman video yang akan dipilih dengan berbagai tahapan, yakni tahap pertama hanya dipilih untuk 60 peserta terbaik, tahapan kedua 20 peserta pilihan akan mengikuti proses karantina selama 7 hari sampai menemukan 3 terbaik yang akan masuk ke grand final.

Baca juga: Penyandang Disabilitas di Wonosobo Nyaris Jadi Korban Perampokan, Korban Dibekap Bantal, Kini Trauma

Proses seleksi pada masa karantina akan dilakukan dalam 3 (tiga) tahap. Seleksi dari 20 menjadi 14 terbaik, akan diadakan pada tanggal 12 Mei di Gedung Walikota Jakarta Selatan.

Proses seleksi selanjutnya, pemilihan 7 terbaik akan diadakan pada tanggal 15 May di Gedung Walikota Jakarta Selatan.

Dan acara final pemilihan 3 terbaik akan diadakan tanggal 19 May di studio Metro TV dan disiarkan di Metro TV.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat