androidvodic.com

Bantu Capai Indonesia Emas, Khofifah Kukuhkan Bunda Asuh Peduli Stunting NTT - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan Bunda Asuh Peduli Stunting Muslimat NU Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam kegiatan Pelantikan dan Rakerwil Muslimat NU NTT di Aula Eltari Kantor Gubernur Provinsi NTT, Kupang, NTT, Minggu (12/5/2024). 

Khofifah secara langsung mengalungkan selempang bertuliskan 'Bunda Asuh Peduli Stunting' ke sejumlah ibu-ibu Muslimat NU yang diwakili Ketua Cabang dan Ketua Wilayah Muslimat NU NTT dan kemudian mendeklarasikan lima poin Komitmen Muslimat NU untuk Indonesia Emas. 

Pertama yaitu, Muslimat NU berkomitmen untuk menyiapkan Generasi Emas untuk melahirkan SDM yang memiliki kompetensi dan berkualitas.

Kedua, Muslimat NU siap menjadi ibu asuh untuk menurunkan stunting di Indonesia. Ketiga, Muslimat NU melakukan langkah konkret melalui pengukuhan Ibu Asuh untuk Anak Terindikasi Stunting dan telah mendapatkan rekor MURI. 

Kemudian yang keempat Muslimat NU berkomitmen untuk mengembangkan jejaring untuk percepatan penurunan stunting. Dan yang terakhir Muslimat NU berkomitmen untuk menggerakkan semua potensi Muslimat NU untuk pemenuhan kebutuhan melahirkan generasi sehat, kuat dan berintegritas.

Baca juga: Kinerja DPR Jelang Lengser Memprihatinkan, Formappi: Tak Produktif, Kerja Diam-diam, Kejar Tayang 

Khofifah menyampaikan, apa yang dilakukan PP Muslimat NU di penjuru negeri merupakan bentuk dari upaya ingin ambil peran mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Apa yang dilakukan oleh Muslimat NU NTT ini adalah wujud nyata dimana Muslimat NU di seluruh penjuru negeri ingin ikut mengambil peran dalam mewujudkan Indonesia Emas,” kata Khofifah dalam keterangannya, Senin (13/5/2024).

“Semoga hal ini semakin menguatkan khidmat Muslimat dalam melayani umat. Menguatkan khidmat Muslimat dalam berkomitmen membangun bangsa sesuai dengan koridor NU,” imbuh wanita yang juga Ketua PBNU ini. 

Lebih lanjut Khofifah yang juga Gubernur Jatim periode 2019-2024 ini menukil Al Quran An Nisa Ayat 9. 

Dikatakan Khofifah seluruh jamaah Muslimat NU harus hafal dengan ayat ini, dan mengamalkannya. Karena menurutnya ini menjadi dasar perjuangan dan nafas gerakan dan program Muslimat NU.

Ayat tersebut memiliki makna sebagai berikut. _Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar_.

“Gerakan memberantas stunting sudah kita lakukan secara masif. Dan deklarasi ini kita ambil dengan mengambil momentum gerakan menuju Indonesias Emas 2045. Karena anak-anak yang saat ini duduk SMA SMK adalah mereka calon very important person di tahun 2045,” tegas Khofifah. 

Baca juga: Menuju Indonesia Emas 2045, PP Muhammadiyah Harap Gotong Royong Rakyat Jadi Kekuatan

Maka menyiapkan pendidikan dan kualitas SDM mereka harus komplit. Bagaimana mereka disiapkan untuk tidak lemah intelektualnya, tidak lemah fisiknya,tidak lemah ekonominya, tidak lemah imannya, dan tidak lemah ketaqwaaannya. Ekosistem ini harus dibangun oleh semua elemen karena yang disiapkan adalah generasi emas menuju Indonesia Emas 2045.

“Apa yang bisa dilakukan Muslimat NU? Di NU ini, Muslimat NU diberi tugas untuk mengelola PAUD, TK, KB. Maka lakukan proses penanam pendidikan di jenjang tersebut karakter yang kuat. Agar mereka diajarkan saling menghargai, saling menghormati. Karena telat kalau diajarkan mulai SMP atau SMA, karena ini dasar sekali,” tandasnya. 

Masih dari ayat ke 9 Al Quran Surat An-Nisa, Khofifah juga mengingatkan jamaah Muslimat NU yang merupakan para ibu, untuk mendidik anaknya dengan benar di era digital ini. 

“Insya Allah ibu-ibu Muslimat NU akan turut mengawal lahirnya generasi emas yang pinter dan bener. Yang memiliki karakter akhlakul karimah menuju Indonesia Emas 2045,” pungkas Khofifah. 

Tutut hadiri dalam kegiatan ini adalah Asisten 1 Pemprov NTT Erni Usbako, Plh Ketua PWNU NTT KH. Ghulam Manshur Ibrahim, Syuriyah NU NTT Ir. Syahrun Nurawi, M.Sc serta Ketua PW Muhammadiyyah Mukhsin Masri dan perwakilan Pengadilan Tinggi, Kejaksaan, TNI AD, AU, AL, juga Tokoh NU NTT KH. Ali Rosyidi Kasbullah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat