androidvodic.com

Akui Umrah Bareng Keluarga Pakai Duit Kementan, Eks Menteri SYL Sindir Anak Buahnya yang Ikut - News

News, JAKARTA - Mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengakui adanya ibadah umrah bersama keluarganya selepas kunjungan kerja di Arab Saudi.

Pengakuan itu disampaikan SYL dalam persidangan kasus korupsi yang menjeratnya sebagai terdakwa, Senin (13/5/2024) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat.

Ibadah umrah itu dilakukan SYL bersama anak, cucu, menantu, bahkan asisten rumah tangga (ART) menggunakan uang Kementrian Pertanian (Kementan).

Namun SYL menyinggung orang lain yang juga ikut di dalam rombongan saat itu.

Sebab katanya, tak masuk akal jika biaya umrah hanya untuk keluarganya mencapai miliaran rupiah.

"Yang ikut umroh keluarga, satu anak dengan istrinya, dua cucu saya, dua pembantu, pakai umroh kayak apapun masa sampai 1,8 miliar. Logic, Yang Mulia. Saya tidak berkesimpulan. Saya siap bertanggung jawab, Yang Mulia," kata SYL saat diberi kesempatan oleh Majelis Hakim untuk menanggapi keterangan para saksi di persidangan.

Menindak lanjuti tanggapan SYL itu, Majelis kemudian mencari tahu sosok inisiator umrah selepas kunjungan kerja ke Arab Sabudi.

Terlebih tak hanya keluarga SYL saja yang dibiayai negara, tapi juga beberapa pejabat di Kementan yang ikut di dalam rombongan.

Namun sayangnya, saksi yang ikut di dalam rombongan mengaku tak tahu siapa yang menginisiasi umrah setelah kunjungan kerja di Arab Saudi.

"Itu kegiatan umroh, saudara Muhammad Jamil yang ikut, kegiatan umroh dari kunjungan kerja itu siapa yang punya inisiatif? Insiasi dari siapa umroh setelah kunjungan kerja itu?" tanya Hakim Ketua, Rianto Adam Pontoh kepada saksi.

"Izin, Yang Mulia, saya tidak tahu," ujar saksi Eks Kepala Bagian Umum Ditjen PSP Kementan, M Jamil Bahruddin.

Baca juga: Sidang Korupsi Eks Menteri SYL, Jaksa KPK Hadirkan 2 Dirjen Kementan

Sebelumnya, fakta terkait umrah ini berbunyi nyaring pertama kali dalam persidangan Senin (29/4/2024).

Saat itu saksi Koordinator Subtansi Rumga Kementan, Arief Sopian mengungkapkan bahwa SYL membawa serta keluarganya dalam kunjungan kerja ke Arab Saudi dan lanjut umrah.

"Yang paling banyak itu pada saat kunjungan umroh, Yang Mulia," kata Arief.

"Siapa keluarganya yang ikut? Ibu?" tanya Hakim Ketua, Rianto Adam Pontoh kepada Arief di persidangan tersebut.

"Ibu, anaknya, cucunya mungkin ya ikut kali," jawab Arief.

"Lebih dari 10?" tanya Hakim Pontoh lagi.

"Lebih," jawab Arief.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat