androidvodic.com

Usung Tema 'Satyam Eva Jayate', Rakernas V PDIP Jadi Momentum Menyatu dengan Kekuatan Rakyat - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V Partai yang digelar pada 24-26 Mei 2024 mendatang di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta 

Adapun Rakernas V PDIP ini mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengab sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas V PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, bahwa Rakernas akan dihadiri langsung oleh 3 pilar partai yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPD-DPP, Kepala Daerah dari PDIP dan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota inkamben dan terpilih 2024.

Lebih lanjut, Djarot mengungkapkan, bahwa Rakemas-V Partai diadakan ditengah keprihatinan atas bekerjanya sisi-sisi gelap kekuasaan melalui manipulasi hukum, penggunaan sumber daya negara dan alat-alat negera, serta berbagai upaya lain yang mengkerdilkan demokrasi. 

Terlebih, meritokrasi dan supremasi hukum pun diganti dengan demokrasi kekuasaan hingga melahirkan berbagai praktik-praktik kecurangan Pemilu.

Hal itu disampaikan Djarot saat konferensi pers persiapan Rakernas V PDIP di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Baca juga: PAN Mengaku Belum Dengar Isu PKB Bakal Dapat Jatah 2 Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Turut mendampingi, Katua DPP PDIP bidang Kehormatan, Komarudin Watubun; Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga PDIP, Eriko Sotarduga dan kader muda PDIP, Aryo Seno Bagaskoro.

"Atas dasar hal tersebut, Rakernas-V PDI Perjuangan menggelorakan semangat juang seluruh Tiga Pilar Partai, yakni Struktural Partai, Legislatif Partai, dan Eksekutif Partai," kata Djarot.

Djarot yang juga Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi menambahkan, akan ada sejumlah hal yang dibahas dalam Rakernas V PDIP ini.

Dimana, tiga pilar partai akan sama-sama membahas dan menganalisa berbagai hal yang menyangkut tentang demokrasi dan dinamika politik nasional.

"Inilah posisi PDIP menyatu dengan kekuatan rakyat untuk selalu berjuang mewujudkan kebenaran yang hakiki dan kebenaran," jelas Djarot.

Baca juga: PDIP Ungkap Alasan Sengaja Tak Undang Jokowi dan Maruf Amin Acara Rakernas yang Dibuka Megawati

Sementara itu, Djarot juga mengatakan bahwa PDIP tak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Rakernas V kali ini. 

Alasannya, kata Djarot, keduanya sedang sibuk dan tengah menyibukkan diri.

"Termasuk juga yang akan diundang. Yang jelas, presiden dan wakil presiden tidak diundang. Kenapa, karena beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri," kata Djarot.

Lebih lanjut, mantan Gubernur Jakarta jni mengatakan Rakernas hanya dihadiri kader internal PDIP. 

Dia menyebut semua peserta Rakernas V PDIP merupakan kader PDIP.

"Jadi, ini hanya internal PDIP, pesertanya internal PDIP," jelas Djarot.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat