androidvodic.com

PDIP Segera Berikan Surat Tugas kepada Kepala Daerah Agar Kader Potensial Tak 'Dibajak' - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan (PDIP) bakal merumuskan secara garis besar strategi pemenangan untuk Pilkada Serentak 2024 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V Partai di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta.

Dimana, DPP Partai segera memberikan surat tugas terhadap para kepala daerah PDIP yang dianggap berhasil untuk menggelar konsolidasi agar kader potensial tak dicuri atau dibajak.

Baca juga: Api Abadi Mrapen akan Diserahkan ke Megawati di Hari Pertama Rakernas PDIP

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan Djarot Syaiful Hidayat saat ditanya wartawan soal persiapan PDIP menghadapi Pilkada dan potensi memajukan kader potensial.

"Tentang Pilkada ibu bapak sekalian partai di dalam Rakernas akan merumuskan secara garis besar ya strategi pemenangan Pemilu Kada. Baik tadi saya sampaikan di dalam sub komisi kelompok tiga itu ada sub komisi kelompok tiga yang dimana diikuti oleh para DPD atau DPC yang suaranya lebih dari 20 persen. Artinya dia bisa mengusung sendiri," kata Djarot saat konferensi pers sesaat sebelum pembukaan Rakernas V PDIP di kawasan Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Djarot didampingi oleh Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Wasekjen PDIP Selly Gelantina, Politisi PDIP Adian Napitupulu, Masinton Pasaribu, Deddy Yevri Sitorus dan Aryo Seno Bagaskoro.

Djarot menyampaikan, dalam garis partai juga akan dipertimbangkan bagaimana PDIP bisa bekerjasama dengan partai-partai lain di Pilkada 2024.

"Jadi sekali lagi meskipun PDI Perjuangan bisa maju sendiri tapi tetap kita menjalin hubungan yang baik dengan partai-partai dengan mengedepankan kearifan lokal," terangnya.

Baca juga: Hanya Megawati dan Puan yang Bakal Pidato Politik di Hari Pertama Rakernas PDIP Besok

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, nantinya para kepala-kepala daerah dari PDIP yang dianggap berhasil akan diberikan surat tugas dari DPP Partai.

Tugas tersebut untuk melakukan konsolidasi salah satunya agar tak ada kader potensial untuk Pilkada justru jadi incaran partai lain.

"Diberikan surat tugas untuk melakukan konsolidasi pemenangan di 3 pilar partai untuk melakukan komunikasi politik di masing-masing wilayahnya pada yang dikasih surat tugas dan untuk turun ke bawah untuk kita lihat hasul survei," ungkap Djarot.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP akan digelar mulai hari ini sampai 26 Mei 2024 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta.
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP akan digelar mulai hari ini sampai 26 Mei 2024 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta. (News/Fersianus Waku)

"Ini dimaksudkan bahwa mereka mendapatkan betul-betul penugasan dari DPP partai. Karena kalau nggak begitu tadi bener itu istilahnya dicuri atau diapa tadi dicuri dan mencurikan diri," sambung dia.

Djarot menegaskan, jika hal itu merupakan komitmen partai karena di dalam politik PDI Perjuangan itu ada kesetiaan bukan hanya kesetiaan pada partai tapi juga kesetiaan pada rakyat kesetiaan pada konstitusi.

Adapun dalam kesempatan itu, Politisi PDIP Deddy Yevri Sitorus mengatakan jika memang setiap momen Pilkada aksi pembajakan kader partai kerap terjadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat