androidvodic.com

Rakernas Tak Undang Jokowi, Djarot: Anggota yang Langgar Etika Bukan Bagian dari Keluarga Besar PDIP - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Ketua Steering Committe Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP, Djarot Syaiful Hidayat, kembali berbicara mengenai tak diundangnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rakernas V.

Djarot mengatakan PDIP merupakan partai yang selalu konsisten untuk melaksanakan konsitusi dan ideologi.

Baca juga: Jokowi Tak Diundang ke Rakernas V PDIP, Projo Sebut Presiden Santai Saja, Pramono: Urusan DPP

"PDIP itu satu partai ideologis, di mana Ibu Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum, selalu kokoh berdiri untuk menyuarakan kebenaran, untuk melaksanakan konstitusi dan ideologi," kata Djarot sebelum pembukaan Rakernas ke-V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Dia menegaskan anggota partai tak lagi dianggap menjadi bagian dari keluarga besar PDIP jika melanggar etika, moral, dan konstitusi.

"Apabila ada di antara kita anggota partai yang kemudian melanggar konstitusi, melanggar etika dan moral, maka dia sudah bukan menjadi bagian dari keluarga besar PDIP," ujar Djarot.

"Karena sudah bertentangan, bukan hanya pada AD/ART partai, melainkan juga pada konstitusi negara," ucapnya menambahkan.

Djarot menjelaskan Rakernas ke-V PDIP hanya dihadiri internal partai dan mengundang para sahabat, akademisi, budayawan hingga cendekiawan.

"Yang diundang adalah sahabat-sahabat, para cendekiawan, para akademisi, para civil society, budayawan, masyarakat pro demokrasi yang betul-betul berjuang menegakkan demokrasi yang jujur, adil, yang konstitusional, yang bermartabat," ungkapnya.

Baca juga: Budi Arie Sebut Jokowi Santai Meski Tak Diundang ke Rakernas PDIP

Rakernas V PDIP akan dibuka Megawati sekira pukul 14.00 WIB.

Rakernas ini digelar mulai hari ini sampai 26 Mei 2024.

Rakernas ini bertemakan 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat