androidvodic.com

Jokowi Ajak Anak dan Cucu Berakhir Pekan di Candi Borobudur - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga dengan mengunjungi Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (25/5/2024).

Jokowi mengunjungi situs warisan dunia tersebut bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, anak pertamanya sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka beserta istrinya Selvi Ananda, dan kedua cucu Presiden, Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah.

Baca juga: Tak Diundang Hadiri Rakernas PDIP, Jokowi Pilih Main Bareng Cucu dan Keliling Yogya Pakai Andong

Dikutip dari Sekretariat Presiden, Jokowi tiba sekitar pukul 10.00 WIB.

Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang tampak sesekali menggandeng tangan cucu cucunya.

Sementara Gibran yang mengenakan kaos biru lengan pendek tampak di belakang.

Kedatangan rombongan orang nomor satu di Indonesia tersebut langsung menyita perhatian pengunjung lainnya.

Alif dan Tira pengunjung dari Makassar mengaku terkejut bisa bertemu Presiden Jokowi di Candi Borobudur.

Baca juga: Reaksi Istana: Presiden Jokowi Tidak Dalam Posisi Tanggapi Pidato Megawati

"Surprise banget. Tadi kita lihat ada rombongan pejabat tapi kan mobilnya mobil Presiden, ternyata beliau yang datang," kata Alif.

Tak hanya wisatawan dalam negeri, pertemuan ini juga menjadi spesial bagi sekelompok mahasiswa pertukaran dari Belanda, Belgia, hingga Pakistan.

"It’s a lucky day for us!" ujar salah satu mahasiswi.

Candice, salah satu mahasiswi asal Belgia, menambahkan bahwa mereka telah berada di Indonesia sejak Februari lalu. Mereka merasa sangat kerasan di Indonesia karena keramahan dan kehangatan penduduknya.

"Mereka sangat ramah, sangat baik, selalu tersenyum. Mereka membuat kami merasa sangat istimewa," ujarnya.

Natasha, mahasiswi asal Pakistan, terkesan dengan kedekatan Presiden Jokowi dengan rakyatnya. "Di negara saya ada presiden, tapi tidak sedekat ini dengan penduduk lokal."

Sementara itu, Heri Setiawan, pemandu dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mendampingi rombongan Jokowi selama kunjungan, menyampaikan beberapa informasi tentang Candi Borobudur dan kelestariannya.

Menurutnya, Jokowi sempat bertanya terkait pengaturan pengunjung yang ingin naik ke atas candi.

"Beliau menyambut baik, memberi tanggapan positif terkait dengan pembatasan jumlah kunjungan karena mau tidak mau kalau kunjungan tidak dibatasi nanti akan mengakibatkan percepatan perusakan dan pelapukan Candi Borobudur," jelas Heri.

Baca juga: Tak Diundang Hadiri Rakernas PDIP, Jokowi Pilih Main Bareng Cucu dan Keliling Yogya Pakai Andong

Selama kunjungan, Presiden Jokowi juga berinteraksi dengan cucu-cucunya, mengajarkan mereka tentang sejarah dan pentingnya pelestarian situs bersejarah. Pertanyaan dari Jan Ethes tentang relief dan stupa, serta dialog pendidikan antara kakek dan cucu, menunjukkan momen edukatif yang berharga.

"Ini candi Buddha ya Mas Ethes? Kalau Candi Prambanan candi apa?” ujar Presiden Jokowi kepada Jan Ethes sebagaimana diceritakan Hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat