androidvodic.com

Polemik Sastra Masuk Kurikulum Merdeka, Kepala BSKAP Kemendikbudristek Jelaskan Alasan dan Tujuannya - News

News, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) baru - baru ini membuat langkah inovatif dengan memasukkan sastra ke dalam Kurikulum Merdeka

Langkah itu diharapkan dapat meningkatkan literasi, memperkaya pengetahuan budaya, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbud Ristek, Anindito Aditomo mengatakan Sastra Masuk Kurikulum menyediakan daftar karya sastra Indonesia yang bisa digunakan pada mata pelajaran dan pendidikan karakter, mulai jenjang SD sampai SMA dan SMK.

“Karya sastra menjadi bahan ajar yang berharga karena bisa mengundang pembaca untuk menghayati dunia batin tokoh-tokoh yang merasakan dan memahami sesuatu dengan caranya masing-masing," kata Anindito dalam keterangannya, Rabu (29/5/2024).

Selain itu, karya sastra juga mampu mengupas isu kompleks sekaligus menyajikan perdebatan moral yang mendorong pembaca keluar dari pemikiran hitam-putih dan memikirkan ulang opini serta prasangka yang sebelumnya tidak disadari.

Namun murid perlu dipandu mengubah tafsir yang mereka pilih ke wahana yang berbeda, dari prosa ke puisi atau sebaliknya dari teks menjadi gambar, drama, atau film dan dari fiksi menjadi kritik sastra atau karya ilmiah.

Baca juga: Hidupkan Literasi melalui Sandiwara Sastra, Kemendikbudristek Rilis Drama Audio Misteri Nusantara

Dengan kata lain, pembelajaran sastra tidak terbatas pada menghafal buku dan siapa penulisnya, berasal dari aliran atau periode apa. Tetapi lebih menggali nilai-nilai yang ada.

Anindito mencontohkan penerapan hal itu sudah ditampilkan saat peluncuran oleh SDN Banyuripan yang membuat pentas wayang dari adaptasi buku 'Mata dan Rahasia Pulau Gapi' yang ditulis Okky Madasari. 

Selain itu SMP Sekolah Alam Bogor yang menampilkan musikalisasi puisi 'Hatiku Selembar Daun' yang ditulis Sapardi Djoko Damono.

Sementara SMA Kolese Gonzaga Jakarta yang membuat monolog dari novel 'Laut Bercerita' karya Leila S. Chudori.

“Bagi sebagian guru, pemanfaatan karya sastra dalam pembelajaran mungkin hal baru. Karena itu kami menyusun modul-modul ajar yang bisa menjadi inspirasi atau diadaptasi oleh guru,” tambahnya. 

Adapun pelincuran Sastra Masuk Kurikulum dibarengi dengan Buku Panduan Penggunaan Rekomendasi Buku Sastra, hal ini kemudian ditanggapi beragam oleh publik.

Buku yang disusun bersama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini mencakup 177 judul buku fiksi. Daftar ini direkomendasikan para kurator yang terdiri dari para akademisi, sastrawan terkenal dan para pendidik. 

Dari jumlah itu, 43 karya untuk SD sederajat, 29 judul untuk jenjang SMP, dan 105 untuk SMA/SMK/MA.

Baca juga: Jon Fosse, Penulis Norwegia yang Dikenal Inovatif, Raih Nobel Sastra 2023

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat