androidvodic.com

JPU: Pengembalian Uang Rp 40 Miliar oleh Anggota BPK Achsanul Qosasi Tak Hapus Pidana - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan pengembalian uang sebesar 2,64 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 40 miliar oleh Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Achsanul Qosasi tidak akan menghapus pidana.

Adapun hal itu disampaikan oleh jaksa dalam sidang replik atas terdakwa Achsanul Qosasi terkait kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G Bakti Kominfo.

Baca juga: Dengan Suara Bergetar, Mantan Anggota BPK Achsanul Qosasi Menyesal Terima Uang Korupsi Rp 40 Miliar

Selain tak menghapus pidana, jaksa mengatakan Achsanul tidak memiliki iktikad baik dalam pengembalian uang Rp 40 miliar yang diterimanya dari mantan Dirut Bakti Kominfo Anang Achmad Latif itu.

Jaksa menilai mestinya, setelah menerima uang gratifikasi, terdakwa membuat laporan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Bahwa penasihat hukum terdakwa dalam pembelaannya telah mendalilkan bahwa selain uang tersebut tidak digunakan, juga terdapat pengembalian oleh terdakwa Achsanul Qosasi atas uang yang diterima dari saksi Anang Achmad Latif sebesar 2,64 juta dolar AS atau setara dengan Rp 40 miliar tanpa berkurang sedikit pun," kata jaksa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Eks Anggota BPK Achsanul Qosasi Mengaku Dapat Rp 40 Miliar Tapi Belum Sempat Melapor

"Atas dalil yang dikemukakan oleh penasihat hukum terdakwa tersebut, perlu kami tegaskan bahwa pengembalian uang tersebut tidak dapat menghapus pidana terhadap diri Terdakwa karena sejak awal tidak ada iktikad baik dari Terdakwa untuk mengembalikan uang tersebut atau melaporkannya kepada pihak KPK," lanjutnya.

Di samping itu, menurut jaksa, pleidoi Achsanul Qosasi dan kuasa hukumnya tidak sejalan.

Pasalnya, Achsanul mengakui perbuatannya, sementara tim pengacara justru memohon agar Achsanul Qosasi dinyatakan tak bersalah dan dibebaskan dari segala tuntutan hukum.

"Akan tetapi di sisi lain terdakwa justru mengakui telah menerima uang dari Anang Achmad Latif secara tidak sah dan menyatakan penyesalan yang mendalam atas keterlibatan terdakwa dalam tindak pidana yang didakwakan oleh penuntut umum terhadap dirinya," ucap jaksa.

Kembali ke aliran uang 2,64 juta dolar AS, kata jaksa, setelah menerima uang itu dari Anang Achmad Latif, Achsanul justru menyewa sebuah rumah di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, untuk menyimpan duit tersebut.

"Melainkan justru terdakwa menyimpan uang tersebut pada sebuah rumah yang terletak di daerah Kemang yang sebelumnya telah terdakwa sewa atau terdakwa persiapkan untuk menyimpan uang tersebut," ungkap jaksa.

Lebih lanjut, Achsanul Qosasi akan mengajukan duplik atau tanggapan tertulis atas replik jaksa. 

Sementara itu, perantara sekaligus orang kepercayaan Achsanul yang menerima uang Rp40 miliar terkait BTS itu, yakni terdakwa Sadikin Rusli, tak mengajukan duplik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat