androidvodic.com

Mendagri Tito Ingatkan Pj Gubernur Lampung Samsudin Jangan Sampai Terkena Masalah Hukum - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Tenaga Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Samsudin sebagai Pj Gubernur Lampung.

Tito mengingatkan kepada Samsudin bahwa tantangan di pemerintah pusat dan daerah berbeda.

Baca juga: Staf Ahli Kemenpora Samsudin Resmi Jadi Pj Gubernur Lampung, Dilantik Mendagri Tito Rabu Pagi

"Pj kepala daerah ini tantangannya banyak, penanggung jawab tertinggi pemerintahan di tingkat provinsi, wakil pemerintah pusat di provinsi, sekaligus juga koordinator para kepala daerah tingkat dua bupati/wali kota," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2024).

Karena itulah, Samsudin diharapkan bisa membangun dengan sejumlah elemen di Lampung.

"Dengan forkopimda, tokoh masyarakat, stakeholders, sekaligus dengan kepala badan tingkat 2," ujarnya.

Tito yakin, Samsudin tak akan mengalami hambatan politik sebab Samsudin bukan kader politik yang selama ini lekat dengan para kepala daerah.

"Kadang masalah dengan para bupati, wali kota yang beda partai politik," kata dia.

Tito juga mengatakan bahwa Samsudin juga tak memiliki biaya politik sebab menjadi pj tak mengeluarkan biaya apa pun untuk berkampanye.

Baca juga: Mendagri Tito Berharap Pilkada 2024 Bisa Berlangsung Cepat, Agar Pejabat Definitif Segera Dilantik

"Maka saya selalu mewanti seluruh pj pj jangan berpikir nanti seperti kepala daerah pilkada yang keluar biaya politik, ingin mengembalikan biaya politik akhirnya terkena kasus pidana korupsi," kata dia.

Dia berpesan kepada Samsudin untuk melaksanakan tugas dengan baik.

Lampung, dikatakan Tito, menjadi salah satu wilayah yang berkembang pesat saat ini.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Samsudin, Staf Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga Samsudin (Kemenpora) sebagai penjabat (Pj) Gubernur Lampung.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Samsudin, Staf Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga Samsudin (Kemenpora) sebagai penjabat (Pj) Gubernur Lampung. (News/Reza Deni)

"Lampung menjadi salah satu gudang lumbung pangan di Indonesia, wisata alamnya sangat berpotensi, tanahnya yang sangat subur, penduduk yang cukup banyak, tenaga kerja cukup, tapi tolong ini semua dijalani dengan hati yang baik, di kampung sendiri. Jangan sampai terkena masalah hukum," tandas Tito.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Staf Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga Samsudin sebagai penjabat (Pj) gubernur Lampung.

Pelantikan tersebut sebagaimana dengan Keputusan Presiden nomor 69/P 2024 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Lampung.

Baca juga: Mendagri Ungkap Ada Pj Gubernur yang Lapor Mau Mundur Demi Maju Pilkada, Siapa Dia?

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat negara dan bangsa," kata Samsudin mengikuti sumpah Tito, d Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2024).

Adapun Samsudin akan mengisi kekosongan posisi Gubernur Lampung yang ditinggal Arinal Djunaidi.

Sementara itu, Fahrizal Darminto mengisi sementara kekosangan posisi gubernur iu tu sebagai Pelaksana Harian (Plh).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat