androidvodic.com

Hindari Menyemprot Radiator Motor dengan Air Bertekanan Tinggi, Risikonya Begini - News

News, JAKARTA - Saat Anda membersihkan motor dari kotoran, sebaiknya hindari menyemprot bagian radiator motor dengan air bertekanan tinggi, misalnya saat cuci steam.

Komponen radiator ini biasanya terdapat pada motor jenis matik, motor bebek tipe tertentu hingga sport.\

“Jika radiator motor terkena semprotan air bertekanan tinggi kisi-kisi radiator motor yang tipis bisa penyok dan mengganggu fungsinya,” ungkap Rahmat, owner bengkel Kedai Riders, Ciledug, Tangerang.

Kisi-kisi radiator motor ini berfungsi menangkap udara dingin saat motor melaju, sehingga mampu melepas panas cairan coolant di mesin.

Jika sirip tersebut penyok, otomatis proses pendinginan mesin jadi terganggu karena radiator jadi tidak maksimal menangkap angin. “Kalau sering disemprot cuci steam, bukan tidak mungkin bisa bikin radiator bocor. Efeknya jelas bisa bikin mesin overheat,” jelasnya.

Baca juga: Tips Agar Aki Motor Tidak Soak Saat Ditinggal Liburan Lama

Baik motor dengan cover radiator atau tidak, peluang sirip radiator penyok tetap sama apabila sering disemprot air bertekanan tinggi.

Buat kalian yang cuci motor sendiri atau di tempat cuci steam, sebaiknya diperhatikan tuh pada saat proses mencuci dikerjakan.

Baca juga: Empat Tips Mudah Klaim Asuransi Kendaraan

Hindari mengarahkan air bertekanan tinggi langsung ke arah radiator motor. Sebab, kalau radiator sampai rusak dan mesin overheat, perbaikannya pasti menyita waktu dan enggak murah.

Laporan Reporter Muhammad Farhan l Sumber: Gridoto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat