androidvodic.com

Kilas Balik Mobil Esemka Hingga Come Back di IIMS 2023 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News - Sejarah mobil Esemka dimulai dari sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah, pada tahun 2007.

Mobil ini menjadi viral usai Wali Kota Solo pada saat itu, yakni Joko Widodo menggunakannya sebagai mobil dinas.

Mobil pertama ini hanya digunakan Jokowi dua hari karena kelengkapan surat-suratnya belum diterbitkan, hingga akhirnya ketika sang walikota berpindah ke Jakarta, popularitas Esemka meredup.

Baca juga: Merek Mobil Esemka Akan Come Back, Tampilkan SUV Listrik di IIMS 2023

Cukup lama tidak ada kabar, nama Esemka kembali naik usai pada 6 September 2019 Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik produksi Esemka yang terletak di Boyolali, Jawa Tengah.

Kali ini berada di bawah naungan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), fasiltas produksi Esemka diperkirakan mampu membuat mobil hingga 18.000 unit per-tahun.

Mobil Esemka yang keluar dari pabrik ini berjenis pikap yang diberi nama Esemka Bima 1.200 cc dan Bima 1.300 cc.

Esemka Bima banyak dijadikan kendaraan operasional TNI, seperti digunakan di Pangkalan Udara Atang Sandjaja.

Kabar Esemka kembali meredup saat pandemi Covid-19 menyerang, hingga pada penghujung 2022, seorang pengusaha Mini Gold Edi Edi Hermanto membuat ramai kembali bahasan soal Esemka.

Edi Hermanto ingin membeli langsung lima unit Esemka dibayar tunai, bagi yang dapat mengirimkannya langsung ke kantornya di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

Sayangnya, niat tersebut tidak ditanggapi oleh pabrikan maupun agen penjual Esemka. Sebagai informasi, Esemka belum mempunyai showroom resmi.

Baca juga: Tolak Penggantian Mobil Listrik untuk Dinas Pejabat, Anggota DPR: Kalau Ngotot, Pakai Esemka Saja

Nama Esemka kembali membuat heboh pecinta otomotif Tanah Air saat Dyandra Promosindo yang merupakan penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 mengumumkan nama Esemka akan berpartisipasi dalam pameran yang digelar pada 16-26 Februari mendatang.

Project Manager IIMS 2023 Rudi MF, mengatakan dari 45 brand mobil termasuk motor listrik, satu diantaranya memang Esemka.

"Betul, official. Kami mendapatkan permit dari pemegang merek. Jadi brand mobil Esemka hadir di IIMS 2023," tutur Rudi dalam konferensi pers IIMS 2023, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat