androidvodic.com

TKDN All New Yaris Cross Hybrid Capai 80 Persen - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Toyota Indonesia mengungkap Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) All New Yaris Cross Hybrid mencapai 80 persen.

Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, mengatakan tingginya TKDN Yaris Cross tersebut disebabkan mesin yang dipakai sudah berhasil dibuat di alam negeri.

"Iya karena engine-nya sudah dibikin di sini (Indonesia). Tinggal baterainya saja. Komposisi baterainya cukup kecil (20 persen), karena kita pakai baterai hybrid 0,7 kwh. Tapi sebagian komponen-komponennya sudah kita lokalisasi," tutur Bob saat World Premiere Yaris Cross Versi 2023, The Westin, Jakarta, Senin (15/5/2023).

Baca juga: World Premiere Toyota Yaris Cross, Ada Versi Mesin Hybrid dan Bensin

Lebih lanjut Bob, menyebut baterai lithium-ion yang digunakan di Yaris Cross saat ini masih didatangkan dari Jepang.

Akan tetapi, perakitannya sudah dapat dilakukan di pabrik milik Toyota di Indonesia. Bob juga menegaskan beberapa komponen baterai sudah ada yang dibuat di Tanah Air.

"Baterai masih kita impor, tapi assembly pack-nya di sini. Baterai diimpor dari Jepang, tapi beberapa komponen (di baterai) sudah lokal," imbuhnya.

Dengan mulai dirakitnya pack baterai di dalam negeri, diprediksi akan membuat harga Yaris Cross menjadi kian kompetitif.

"Mungkin saya kasih range-nya aja ya, sekitar Rp 300 juta - Rp 400 jutaan ke atas," tutur Vice President Toyota Astra Motor Henry Tanoto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat