androidvodic.com

Mulai Produksi 2024, UD Trucks Akan Tempati Line Produksi Baru di Isuzu Karawang Plant - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - UD Trucks akan memindahkan fasilitas produksi yang berada di Thailand ke Indonesia. Rencananya, fasilitas produksi tersebut akan menempati line up production Isuzu Karawang Plant.

Isuzu Karawang Plant saat ini terletak di Jl. Surya Utama Kav 1 Blok DEIJ No.66, Mulyasari, Kec. Ciampel, Karawang, Jawa Barat.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan fasilitas produksi UD Trucks tidak akan bergabung dengan line produksi Isuzu yang telah eksis.

Baca juga: Menperin Agus Gumiwang: Bukan Isuzu yang Pindah Fasilitas Produksi ke Indonesia Tetapi UD Trucks

"Mereka akan bawa UD Trucks dari Thailand ke Indonesia, sehingga mereka akan membuka line produk baru. Jadi utilisasi Isuzu ini sudah 80 persen dan itu sekitar 2 atau 3 line produksi. Nanti mereka akan membuka line produk baru untuk UD Trucks yang dipindah ke Indonesia dari Thailand," tutur Agus dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Rencananya, fasilitas produksi UD Trucks ini akan mulai beroperasi pada tahun 2024 dengan kapasitas produksinya mencapai 1.600 unit pertahun.

Berdasarkan data Kemenperin, utilitas produksi dari Isuzu di Indonesia sudah lebih dari 80 persen, dengan produk yang banyak diminati oleh global itu Traga.

"Traga itu khusus di desain dan dibuat di Indonesia bukan Jepang. Traga selain suplai domestik tetapi juga sudah banyak di ekspor ke pasar Asia dan Amerika Selatan," jelas Agus.

Pada pertemuannya dengan principal Isuzu di Jepang, Menperin telah meminta Isuzu untuk membuka pasar-pasar ekspor.

"Sekarang kami sedang meminta Isuzu segera membuka pasar Afrika dan mereka setujui," terang Agus.

Cuma UD Trucks

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meluruskan kabar mengenai pemindahan fasilitas produksi automaker dari Thailand ke Indonesia.

Sebelumnya, ada beberapa media yang memberitakan bahwa Isuzu akan memindahkan fasilitas produksinya ke dari Thailand ke Indonesia.

"Sudah jelas, yang akan memindahkan UD Trucks atau truk bermerek UD. UD Trucks ini memang merek yang dikeluarkan Isuzu, Jadi memang benar tidak pernah ada pembicaraan saya dalam kunjungan ke Tokyo dengan pihak Isuzu, yang menyampaikan atau berkesepakatan bahwa mereka akan memindahkan fasilitasnya dari Thailand. Yang ada adalah UD Trucks, salah satu merek truk yang diproduksi oleh Isuzu," tutur Agus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat