androidvodic.com

Mobil Terbang Besutan Alef Aeronautics Meluncur, Dijual Sekitar Rp 4,5 Miliar Per Unit - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, CALIFORNIA – Mobil listrik terbang bernama Model A produksi perusahaan rintisan Alef Aeronautic resmi dijual di pasar global dengan harga 300.000 dolar AS atau sekitar Rp 4,5 miliar dengan asumsi kurs Rp 15.000 per dolar AS.

Lewat pengumuman resmi yang dirilis di situsnya, Alef Aeronautics menjelaskan bahwa mobil terbang “Model A” kini sudah bisa dipesan konsumen dengan membayarkan uang deposit sebesar 150 dolar AS.

Sementara untuk masuk ke dalam akses pembelian prioritas, calon pembeli di haruskan untuk membayarkan uang muka 1.500 dolar AS, sebelum melakukan pendaftaran di web alef.aero/preorder.html.

Meski pengiriman mobil terbang ini baru dilakukan pada akhir 2025, namun dilansir dari CNN International sejak mobil canggih ini diperkenalkan ke publik pada Desember 2022 lalu, setidaknya sudah ada 440 orang yang telah memesan mobil terbang tersebut.

Penjualan mobil terbang Model A resmi dibuka setelah Alef Aeronautic mendapatkan lampu hijau dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) Amerika Serikat untuk melakukan uji coba kendaraan di jalan dan langit sebelum dirilis ke publik.

Dengan terbitnya sertifikat dari FAA, Alef Aeronautic mengklaim mobil besutannya jadi yang pertama di dunia yang telah memenuhi standar keselamatan National Highway and Traffic Safety Administration dan kelaikan Udara Khusus dari FAA.

Baca juga: Suzuki dan SkyDrive Kembangkan Mobil Terbang di Jepang Mulai Tahun Depan

“Kami tentu bahagia menerima sertifikasi dari FAA. Ini memunginkan kami lebih dekat lagi menghadirkan moda transportasi ramah lingkungan, lebih cepat, dan bisa menghemat jam kerja setiap orang dan perusahaan,” ujar Jim Dukhovny, CEO Alef Aeronautics.

Spesifikasi mobil terbang Model A

Sebelum mengudara, mobil terbang ini diketahui telah empat kali melakukan uji coba tepatnya sejak tahun 2019. Untuk cara kerjanya mobil terbang ini akan mengudara dengan didorong oleh serangkaian baling-baling dan kokpit yang berputar.

Jarak yang bisa ditempuh oleh mobil terbang di jalur darat mencapai 322 kilometer dan jangkauan saat terbang di udarasekitar 160 kilometer.

Baca juga: Uji Mobil Terbang Untuk Osaka Expo 2025 Berhasil Dilakukan di Ehime Jepang

Sementara untuk jumlah muatan yang dapat diangkut mobil terbang ini adalah 200 pound atau sekitar 90,7 kilogram termasuk penumpang dan bagasi. Hadirnya mobil terbang besutan Alef Aeronautics menandai kemajuan penting dalam pengembangan transportasi udara berkelanjutan abad ke-21.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat