androidvodic.com

Toyota: Lokalisasi Komponen Makin Melancarkan Produksi - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, KARAWANG - Meningkatkan kandungan komponen buatan lokal pada produk menjadi tujuan utama PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai produsen mobil di Tanah Air.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, menyampaikan peningkatan TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri erat hubungannya dengan kelancaran produksi.

Baca juga: Toyota Indonesia Siap Ekspor Kendaraan Elektrifikasi ke Amerika Latin

"Semakin bisa diproduksi di dalam negeri, semakin lancar. TKDN itu memang salah satu strategi di Toyota untuk meningkatkan daya saing. Tapi itu berkaitan dengan size ekonomi kita, size market kita. Semakin besar size market, semakin besar untuk melokalisasi. Sekarang yang ditunggu adalah kebijakan apa di kita untuk mendorong market elektrifikasi kita tumbuh," ungkap Bob Azam dalam acara Yaris Cross Media Plant Tour di Pabrik Toyota Plant 2, Karawang, Jawa Barat, Senin (7/8/2023).

Baca juga: Pajak Pengaruhi Pertumbuhan Penjualan Elektrifikasi Indonesia

Sebagai produk elektrifikasi lokal kedua setelah Zenix, Toyota Yaris Cross telah memiliki TKDN sekitar 80 persen.

Selanjutnya, berbagai kebijakan yang diberikan pemerintah soal lokalisasi harus mudah dibaca investor, sebab akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pasar mobil.

"Kalau sudah tumbuh dan berkembang, nggak mungkin komponennya diimport, tentu harus lokalise," tutur Bob.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat